000

Begini Lho, Cara Bupati Kudus Rembugan dengan Warga dan Para Petani

KUDUS-Bupati Kudus H. Musthofa selalu memiliki cara tersendiri dalam berdialog dengan masyarakat. Semua kalangan dirangkulnya. Tak terkecuali para petani yang merupakan penyangga pangan di Kabupaten Kudus. Demikian yang terjadi di persawahan perbatasan Undaan Lor dengan Wates, Undaan, Rabu (5/10).

Di siang yang terik itu, tanpa ragu dan dengan langkah mantap, Pak Bupati yang sudah lebih dari delapan tahun memimpin Kudus itu berjalan ke tengah persawahan. Dengan berjalan kaki menempuh jarak lebih dari 1 kilometer, Pak Bupati didampingi dinas terkait, camat, kepala desa, serta gapoktan setempat.

Baca Juga :  DBHCHT Perlu Optimalisasi & Evaluasi Alokasi Dana

Kedatangannya ke areal persawahan tersebut siang itu, ingin melihat secara langsung irigasi yang perlu mendapatkan solusi bersama. Karena ada aliran irigasi yang harus ditata bersama di dua desa tersebut sehingga semuanya bisa mendapatkan pengairan yang optimal untuk pertaniannya.

”Undaan ini penyangga pangan, lumbung pangannya Kudus. Sehingga saya ingin  semuanya bisa tertata dengan baik untuk pertaniannya,” kata Bupati di hadapan gapoktan, kepala desa, serta dinas terkait.

Kepala desa, lanjutnya, merupakan orang-orang baik dan bijak. Tentu mereka ingin menjadikan desa dan masyarakatnya berprestasi dalam segala hal, terutama menyangkut kesejahteraan masyarakat. Dengan rembug bersama semacam ini, merupakan wujud nyata hadirnya pemerintah/negara di tengah masyarakat memberikan fasilitasi yang terbaik untuk para petani.

Baca Juga :  Mahasiwa Unisbank Semarang Belajar KUP ke Kudus

”Saya pastikan di sini tidak ada persoalan urusan petani. Kalau memang perlu penataan irigasi, segera dirembug dan ditata dengan seluruh petani dengan difasilitasi Pak Camat,” terangnya.

Dan hasilnya, tak lebih dari setengah jam, rembugan itupun membuahkan hasil. Semuanya sepakat untuk membuat irigasi yang lebih baik bagi para petani di dua desa tersebut. Sehingga hasil pertaniannya semakin bagus.

Baca Juga :  Bupati Akan Terbitkan Keputusan Penetapan PMPH Demi Optimalkan Peran Relawan Lingkungan

”Termasuk pada pascapanen nantinya, saya ingin resi gudang yang ada dioptimalkan. Agar hasil/ harga jualnya lebih optimal,” pungkasnya.(rg/adv.)

APA KOMENTAR SEDULUR ISK ?