Begini Tanggapan Bupati Pati terkait Polemik SKTM untuk PPDB

oleh
Begini Tanggapan Bupati Pati terkait Polemik SKTM Untuk PPDB
Foto: Bupati Pati Haryanto Saat memberikan sambutan halal bihalal dengan santri di Salza Resto. (Istimewa)

Pati, ISKNEWS.COM – Maraknya dugaan adanya penyalahgunaan Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) untuk memperlancar pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) oleh orang tua murid, Bupati Pati Haryanto menyesalkan bila itu benar terjadi.

Bupati Pati mengemukakan, Jika ada penyalahgunaan SKTM, dia menyerahkan kepada pihak yang menangani.

“Kalau SKTM itu kami kan tidak mengeluarkan, yang tahu persis yang ada dibawah. Kalau memang dia tidak berhak menggunakan itu ya, biar nanti ditangani sesuai mekanisme yang ada,” jelas Bupati usai menghadiri acara halal bihalal di Salza Resto Pati, Minggu (8-7-2018).

TRENDING :  Daftar Calon Sementara DPRD Kudus Telah Diumumkan, KPUD Minta Masyarakat Beri Tanggapan

Bupati juga mengatakan, jika ada yang coba-coba menggunakan data tersebut nantinya akan diteliti, dia juga mengaku bahwa sudah ada yang dicabut oleh orang tua murid yang memanfaatkan data SKTM tersebut.

TRENDING :  Akun Medsos Wakil Ketua III DPRD Pati Diretas

“Sudah ada dari beberapa yang mencabut data SKTM tersebut, karena, nantinya data tersebut akan diteliti,”lanjutnya.

Terkait dengan penerimaan murid baru, pemerintah kabupaten hanya bertanggung jawab pada sekolah menengah pertama (SMP) sedangkan tingkat Sekolah Menegah Atas atau Kejuruan adalah pemerintah propinsi.

TRENDING :  Gedung Juang Kartika Direhab Kodim 0718 Pati

“Kalau tingkat SMP sudah berjalan baik dan tidak ada persoalan, sedangkan yang menjadi persoalan kan SMP dan SMK, kalu itu bukan kewenangan saya. Dan saya tidak berani intervensi,”tegasnya. (WR/WH)

KOMENTAR SEDULUR ISK :