Belum Diserahterimakan, Rusunawa Cepu Segera Dihuni

by

Blora, isknews.com (Lintas Blora) – Hingga saat ini, rumah susun sederhana sewa (Rusunawa) Cepu Kabupaten Blora belum diserahkan oleh Pemerintah Pusat kepada Pemerintah Daerah (Pemda) Blora. Namun, pada pertengahan bulan Februari ini segera dihuni oleh warga. Sebagaimana diketahui, Rusunawa tersebut sekian lama terbengkalai tanpa kejelasan.

Sunarko, Staf Dinas Perumahan, Pemukiman dan Perhubungan Blora yang bertugas di Rusunawa Cepu menyatakan, jika hingga saat ini Rusun tersebut belum diserahkan kepada Pemkab Blora oleh Pemerintah Pusat. Sehingga untuk perawatan masih menjadi tanggung jawab kontraktor. “Untuk Listrik juga masih menjadi tanggung jawab pusat dalam pembayarannya. Air dan Listrik sudah menyala,” terangnya , Jum’at (10/02/2017).

Menurutnya, warga di Kelurahan Tambakromo dan Balun Kecamatan Cepu telah melakukan pendaftaran serta mengumpulkan berkas persyaratan. “Kami tengah memverifikasi. Total ada 63 pendaftar, baik dari Tambakromo, Balun dan Keluarahan Cepu. Bahkan ada satu orang yang berasal dari Kecamatan Kedungtuban,” kata Sunarko.

Dia menjelaskan, ada skala prioritas warga yang diperbolehkan untuk menempati rusunawa. Yakni warga dengan penghasilan dibawah Rp. 2 juta. “Seperti tukang becak, pemulung, pedangang, dan lainnya. Rencananya pada tanggal 15 Februari sudah harus ditempati,” ujarnya.
Pihaknya mengaku kesulitan untuk mengetahui penghasilan para pendaftar. Pasalnya, kebanyakan dari meraka tidak ada slip. “Kalau pegawai seperti kita akan mudah untuk mengetahuinya,” tuturnya.

Lebih lanjut dirinya menjelaskan, pada rusun tersebut juga disiapkan bagi kaum difabel yang berada di lantai dasar. “Khusunya untuk kaki dan buta mata. Ada tiga ruang yang telah kami siapkan,” terangnya.
Sesuai dengan Peraturan Bupati (Perbub) yang mengatur rusunawa, lanjut Sunarko, tarif sewa telah ditentukan. “Untuk difabel perbulan hanya Rp. 50.000. Lantai 2 Rp. 125.000, lantai 3 Rp. 100.00, lantai 4 Rp. 75.000 dan lantai 5 Rp. 50.000,” kata dia. (as)

KOMENTAR SEDULUR ISK :