Berapa Denda Jika Telat Buat Akta Kelahiran?

by
ISKNEWS.COM

Kudus, isknews.com – Akta kelahiran merupakan salah satu dokumen yang sangat penting dan sering digunakan untuk mengurus berbagai macam hal. Namun bagaimana jika pengurusan akta kelahiran terlambat? Berapa denda yang harus dibayar jika telat mengurus pembuatan akta kelahiran di Kudus? Berikut informasinya…

cymera_20160927_184644 ISKNEWS.COM

Ditemui di kantornya beberapa waktu lalu, Kepala Dinas Kependudukan dan Pencacatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Kudus melalui Kabid Pencatatan Sipil Titit Sri Harjanti menjelaskan, bagi yang telat mengurus pembuatan akta kelahiran akan dikenakan sanksi administrasi sebesar Rp 10 ribu. ”Denda itu berlaku flat (tetap), telat seminggu dendanya ya segitu ataupun setahun juga tetap sama Rp 10 ribu,” katanya.

TRENDING :  Pemkab Pati Bakal Tarik Pengisian Perangkat Desa Ke Pemkab

Meskipun denda yang dikenakan relatif murah, dirinya mengimbau kepada seluruh warga Kudus yang baru saja melahirkan agar segera mengurus akta kelahiran. Kalau bisa, lanjutnya, setelah lahir langsung diurus ke kantor Disdukcapil yang berada di kompleks kantor bupati.

TRENDING :  HUT RI Jadi Ajang Kenalkan Dolanan Tradisional

Titit menegaskan, dalam pengurusan akta kelahiran tidak dipungut biaya sedikitpun alis gratis. Namun dengan catatan diurus sendiri ke kantor Disdukcapil. Hal itu, kata dia, juga berlaku untuk pengurusan surat kependudukan yang lain. Seperti E-KTP, akta kematian, akta nikah, dan lain sebagainya.

TRENDING :  Kepala Dinas Dinsosnakertrans, " Waspadai Job Fair Abal Abal "

KOMENTAR SEDULUR ISK :