Berat Badan Naik Setelah Berpuasa, Ini Sebabnya

by
Berat Badan Naik Setelah Berpuasa, Ini Sebabnya isknews
Foto: Hasil penimbangan berat badan di Apotik Kudus, Kamis (07-06-2018). (Nila Niswatul Chusna/ISKNEWS.COM)

Kudus, ISKNEWS.COM – Bagi sebagian orang, momen bulan puasa kerap dimanfaatkan untuk menurunkan berat badan. Tak jarang, para penyandang obesitas berjuang keras melakukan diet dan olahraga untuk mendapatkan berat badan ideal.

Namun, yang sering terjadi justru sebaliknya. Setelah hampir sebulan berpuasa, berat badan justru melonjak tinggi bukannya menurun. Lantas apa yang salah?

Menurut dr. Budi Istriawan, sebenarnya puasa bermanfaat untuk memperbaiki kondisi kesehatan tubuh. Termasuk mengurangi kadar lemak dalam tubuh atau menurunkan berat badan.

TRENDING :  65 Pasien Operasi Katarak Gratis Sambut HUT TNI Oleh Kodim Kudus

“Setelah menjalani puasa idealnya orang akan mengalami penurunan berat badan. Tetapi ada juga yang setelah puasa, justru berat badannya meningkat. Jika mengalami hal semacam ini, maka ada sesuatu yang salah dengan puasanya,” katanya, Rabu (06-06-2018).

TRENDING :  Kudus siapkan 479 armada bus untuk layani penumpang lebaran

dr. Budi menjelaskan, tanpa disadari saat berpuasa orang melakukan kebiasaan-kebiasaan yang kurang sehat. Kebiasaan inilah yang kemudian berdampak pada terjadinya peningkatan berat badan. Seperti halnya kebiasaan makan berlebih saat berbuka.

TRENDING :  Gedung Parkir Colo Dapat Alokasi RP 5,5 Miliar

“Setelah seharian berjuang menahan haus dan lapar, sering kali seseorang cenderung balas dendam saat berbuka, dengan mengkonsumsi makanan secara berlebihan,” ujarnya.

KOMENTAR SEDULUR ISK :