Berbasis Madrasah Terapan, YPI Isma’iliyah Nalumsari Gelar Kemah Ta’aruf dan Pelatihan Manasik Haji

Berbasis Madrasah Terapan, YPI Isma’iliyah Nalumsari Gelar Kemah Ta’aruf dan Pelatihan Manasik Haji

Jepara, isknews.com (Lintas Jepara) – Yayasan Pendidikan Islam (YPI) Isma’iliyah Nalumsari tahun ajaran baru ini mengadakan kemah ta’aruf dan Manasik Haji yang diadakan selama dua hari mulai hari ini Sabtu – Ahad (10-11/9) bertempat di Mts Isma’iliyah. Sedikitnya 650 Siswa dari Mts – MA Isma’iliyah mengikuti kegiatan ini. Agenda dimulai Sabtu (10/9) pagi dengan pembukaan sekaligus pendirian tenda, dilanjutkan pawai ta’aruf oleh keluarga besar YPI Isma’iliyah dengan memakai pakaian Ihram ala Ibadah Haji. Sementara itu malam hari (malam ini) agenda pentas panggung gembira dengan penampilan pentas seni. Sedangkan besok Ahad (11/9) pagi dilanjutkan rangkaian manasik haji, diantaranya thowaf ifadhoh, sa’i, tahallul, dan jamarat yang di perkirakan sebelum dhuhur selesai.”terang Najib panita kegiatan dua acara tersebut.

Sholeh Al-Jufri Kepala Mts Isma’iliyah dalam sambutan pembukannya mengatakan bahwa ”Perkemahan tahun ini merupakan perkemahan yang sangat istimewa yang belum pernah dilakukan ditahun-tahun sebelumnya dan juga di tempat manapun. Karena perkemahan ini selain perkemahan Ta’aruf juga ada rangkaian Manasik Haji yang laksanakan sesuai tanggal pelaksanaan haji sebenarnya.yaitu di mualai pada hari tarwiyah dan seterusnya.

BACA JUGA :  Program Guru Mengajar Bersama, Solusi SD Kekurangan Murid
Jpeg
Hari ini Pawai Ta’aruf, di lanjut Pelatihan Manasik Haji

Perlu kita ketahui, Lanjut Sholeh, bersamaan kegiatan Kemah Ta’aruf dan Manasik Haji ini bertujuan untuk membentuk dan membina generasi muda sebagai pemimpin pemimpin bangsa dimasa depan agar mempunyai kepribadianyang kuat, bersemangat, ulet, pantang menyerah,disiplin,inovatif dan pekerja keras.demi mendorong kemajuan serta keberhasilan pencapaian cita-cita bangsa. dan melalui Manasik Haji ini diharapkan peserta dapat mengetahui secara riel praktik dalam pelaksanaan Haji sebenarnya. mulai Syarat, Rukun, sunah dan keutamaan keutamaanya.

Ditemui sebelum pemberangkatan pawai ta’aruf, Sholeh Al-Jufri saat di wawancarai isknews.com menjelaskan bahwa kemah ta’aruf dan pelatihan atau praktek manasik haji ini bertujuan memperkenalkan lingkungan madrasah juga menumbuhkan jiwa kemandirian dan manasik haji sendiri melatih anak didik supaya disiplin, inovatif, dimana Yayasan Pendidikan Islam (YPI) Isma’iliyah Nalumsari merupakan madrasah yang berbasis ilmu terapan, istilahnya tidak hanya teori, namun juga mempraktekan teori tersebut. ”Pungkasnya

Share This Post