Berdayakan Ekonomi Desa Melalui Pertanian

by
ISKNEWS.COM
Foto: Bupati Kudus, Musthofa, saat memberikan sambutan dalam kegiatan pelatihan pemberdayaan ekonomi desa. (Istimewa)

Kudus, ISKNEWS.COM – Tekad Bupati Kudus, Musthofa, untuk membahagiakan masyarakat Kudus benar-benar nyata. Di enam bulan terakhir masa jabatannya ini, dia mengajak petani lebih berdaya. Yakni dengan menggandeng Qaryah Thayyibah, Salatiga.

Acara pelatihan peserta dan pendamping dilaksanakan di Balai Latihan Kerja (BLK) Disnakerperinkop UKM Kudus, selama tiga hari yang dimulai pada Senin (12-02-2018), diikuti 107 orang dengan fokus utama di Kecamatan Dawe dan Undaan.

Mereka berasal dari Kader Pemberdayaan Masyarakat Desa (KPMD) dan fasilitator pemberdayaan ekonomi desa. Dengan tujuan, terwujudnya pemberdayaan ekonomi desa dengan konsep jamaah produksi, sebagaimana diterapkan di Serikat Paguyuban Petani Qaryah Thayyibah (SPPQT).

TRENDING :  Kodim 0722/Kudus Ajak Petani Percepat Masa Tanam Padi

Bupati Kudus mengaku, bahagia bisa merealisasikan program Presiden RI dalam mewujudkan nawacita. Salah satunya membangun kekuatan ekonomi dari desa. Apalagi saat ini, Kudus merupakan kabupaten pertama dan satu-satunya yang kerja sama dengan SPPQT.

TRENDING :  Kepala Daerah Harus Bertanggung Jawab Penggunaan DBHCHT

“Saya hanya ingin desa bisa mandiri, semua masyarakat bisa tersenyum bahagia dengan kesejahteraan yang semakin meningkat,” kata Musthofa dalam sambutannya yang dilanjutkan membuka acara ini.

TRENDING :  Serapan Gabah Gudang Bulog Blora Lebihi Target

KOMENTAR SEDULUR ISK :