Beri Bantuan Pendampingan Kurikulum 2013, Mendikbud: Guru Harus Bisa Berikan Teladan

by
Beri Bantuan Pendampingan Kurikulum 2013, Mendikbud: Guru Harus Bisa Berikan Teladan ISKNEWS.COM
Foto: Sambutan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy, di Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) provinsi Jawa Tengah, Kamis (28/6/2018). (Istimewa)

Jateng, ISKNEWS.COM – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) memberikan bantuan pendampingan kurikulum 2013 (K13) kepada sekolah-sekolah. Menurut Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy, kurikulum yang sesungguhnya adalah para guru.

“Guru harus bisa memberikan teladan kepada anak muridnya,” disampaikan Mendikbud di Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) provinsi Jawa Tengah, Kamis (28/6/2018).

Menurut Mendikbud, pembelajaran itu juga jangan terlalu kaku pada ketetapan kurikulum. Ia mengharapkan para kepala sekolah mampu membantu para guru memahami perannya sebagai pendidik, bukan sekadar pengajar. Maka, pembelajaran yang diterapkan di sekolah haruslah fleksibel. Serta mampu memberikan ruang yang cukup untuk pengembangan.

TRENDING :  Tonton "Nirmala Ala MA Banat NU Kudus" di YouTube

Sebelumnya mantan rektor Universitas Muhammadiyah Malang ini menjelaskan bahwa Kemendikbud telah menggulirkan beragam kebijakan dalam rangka merestorasi pendidikan nasional melalui sistem persekolahan. Muhadjir juga mengajak para kepala sekolah yang hadir siang itu untuk menyelami dan merenungkan inti dari kebijakan yang ditempuh pemerintah selama 2 tahun terakhir ini. Disebutkannya, dimulai dari revitalisasi komite sekolah, kemudian pengaturan hari skeolah yang diperkuat dalam Instruksi Presiden mengenai penguatan pendidikan karakter, kemudian sistem zonasi, dan penyesuaian beban kerja guru, dan penguatan peran kepala sekolah. “Satu sama lainnya saling berkelindan,” ujarnya.

TRENDING :  Ini Dia, Hasil Lengkap Juara Lomba PBB SMP, SMA, LINMAS HUT TNI Ke-71 Kodim 0722/Kudus

KOMENTAR SEDULUR ISK :