Berikan Layanan Prima Sekdin Antar Sendiri Dokumen Ke Rumah Pemohon

oleh

Kudus, isknews.com – Betapa tidak menyangka,  Agus pria warga Kecamatan Dawe, rumahnya kedatangan Sekretaris Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kudus Putut Winarno.

Agus kaget karena kedatangan sekdin tersebut ternyata membawa dokumen yang diharapkannya.

Hari itu Putut memang mengantar sendiri apa  yang menjadi permohonan dari pihak Agus, yakni akta kelahiran anak dari Agus, yang kurang lebih seminggu baru lahir.

”Saya tidak menyangka kalau ternyata pelayanan yang diberikan dinas sampai sejauh ini. Diantarkan langsung akta kelahiran anak saya. Benar-benar sangat berterima kasih karena sudah dimudahkan,” kata Agus.

TRENDING :  Masan : Kami Bukan Calon Yang Paling Kaya Tapi Paling Siap

Sementara itu Putut yang merupakan orang kedua di Disdukcapil itu menyampaikan, Apa yang dilakukannya, memang bagian dari pelayanan prima yang diberikan pihaknya. Yakni melayani warga yang membuat dokumen kependudukan, dengan cara mudah, cepat, dan memuaskan.

”Contohnya keluarga Pak Agus tadi. Beliau memproses permohonan akta kelahiran anaknya melalui online. Ketika semua syarat sudah lengkap, maka kami proses. Dan ketika jadi, kami antar langsung ke rumahnya,” tutur Putut.

TRENDING :  Tumbuhkan Kesadaran Bela Negara Sasar Generasi Penerus Bangsa

Ya, saat ini untuk memproses dokumen kependudukan di Kabupaten Kudus, tidak perlu harus datang langsung ke kantor dinas. Sudah disediakan beragam aplikasi berbasis android.

Lewat aplikasi tersebut, masyarakat mudah mengurus administrasi kependudukan tanpa harus datang ke kantor. ”Masyarakat cukup mengunduh aplikasi tersebut di google playstore, kemudian diinstal di smartphone,” ujarnya.

Kemudahan ini memang sudah diamanatkan dalam undang-undang, peraturan presiden, hingga surat edaran menteri. Hal itu tertuang pada Surat Edaran Menteri Dalam Negeri RI (Mendagri) Nomor 471/1768/SJ tertanggal 12 Mei 2016, menindaklanjuti Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 25 Tahun 2008 tentang Persyaratan dan Tata Cara Pendaftaran Kependudukan. Semua demi melaksanakan Undang-Undang Nomor 23/2006 dan Undang-Undang Nomor 24/2013 tentang Administrasi Kependudukan.

TRENDING :  Pop Makara Tantang Persirangga, Bokama Siap Ladeni Persilo

”Kami juga sudah melaksanakan Nawacita Presiden RI, di mana negara harus hadir di tengah warganya. Tapi kami, sudah hadir langsung di rumah warga kami,” imbuhnya. (YM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :