Berkubang Di Sawah Bareng Gapoktan, Dandim Buka Gerakan Pengolahan Tanah Undaan Lor

Kudus, isknews.com – Dandim 0722/Kudus, Letkol Czi Gunawan Yudha Kusuma, SE, MSP pagi hingga siang tadi  melaksanakan peninjauan gerakan pengolahan tanah, Kamis (13/10) pada sekitar  pukul 10.00 s.d 11.15 WIB di Kantor Gapoktan Tani Mulyo Desa Undaan Lor, Undaan, Kudus.

Acara yang dinamakan Gerakan pengolahan tanah serentak dibuka oleh Dandim dengan bersama-sama anggota dan pengurus Gapoktan Tani Mulyo Desa Undaan Lor, dihadiri sekitar 50 orang dengan panitia penyelenggara Sukardi Jayus  yang juga Ketua Gapoktan Desa Undaan Lor Kudus).

Nampak hadir dalam acara tersebut selain Dandim juga Kabid Balaksin Provinsi Jawa Tengah, Ir. Farid, Kepala Dinas Pertanian, Perikanan dan Kehutanan Kab. Kudus, Catur Sulistiyanto, S.Sos, MM, Kabid Pangan dan Hortilkultura, Ir. Harsito, Kasi Produksi dan Holtikultura, Arin Nikmah, Kasi Perlindungan Hama dan Penyakit, Setio Rini Kades Undaan Lor, Edi Pranoto, SE, para pengurus dan anggota Gapoktan Tani Mulyo serta para pengurus Perkumpulan Petani Pemakai Air Kec. Undaan (PPPA).

Dalam sambutannya Kepala Dinas Pertanian, Perikanan dan Kehutanan, Catur Sulistiyanto, menyampaikan, “Dalam pelaksanaan gerakan pengolahan ini dari pihak pertanian Undaan Lor menggunakan alat sebanyak 27 traktor dan dalam pelaksanaan pengolahan tanah akan dilaksanakan secara serentak. Mari kita bersyukur karena Kecamatan Undaan merupakan sumber dan penghasil pangan dan lumbung padi di Kudus. Dengan turunnya Tim Pertanian dari Provinsi pelaksanaan pengolahan tanah pertanian dapat dengan cepat sesuai yaitu memasuki MT-1. 4,” sambutnya.

Baca Juga :  PR Sukun Suport Pengajian Dihadiri Habib Lutfi bin Yahya

Sementara dalam pidato sambutannya Dandim 0722/Kudus , menyampaikan, “Pada dasarnya Kodim 0722/Kudus melanjutkan apa yang diprogramkan oleh pimpinan yaitu sesuai MOU masalah ketahanan pangan, dengan harapan para petani dapat lebih maju dan sejahtera. Kodim 0722/Kudus sudah berusaha memberikan bantuan alat pertanian dan mudah-mudahan dengan peralatan tersebut bisa berjalan dengan baik dan bisa mendapatkan hasil pertanian yang melimpah. Kodim 0722/Kudus juga mempunyai alat pertanian dan para petani di Undaan bisa memanfaatkan atau meminjam alat tersebut melewati para Gapoktan masing-masing,” ujarnya.

Sementara itu Kabid Balaksin  Jateng antara lain menyampaikan, “Kegiatan ini adalah rutin yang diprogramkan oleh Provinsi Jateng guna percepatan tanam atau pengolahan lahan para petani. Dinas Pertanian Provinsi Jateng juga meminjamkan alat traktor agar para petani dalam pengolahan sawah atau lahan dapat berjalan dengan baik dan lancar,” jelasnya.

Baca Juga :  Bupati Yakin Pertumbuhan Ekonomi Tahun 2017

Acara ditutup dengan pengoperasian alat traktor secara simbolis oleh Dandim 0722/Kudus yang diikuti Kabid Balaksin Provinsi , sementara jumlah lahan pertanian milik petani Desa Undaan Lor yang diolah secara serentak adalah lahan seluas 450 Hektar. (YM)

APA KOMENTAR SEDULUR ISK ?