Besok KPU Gelar Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Surat Suara Pilkada Kudus

oleh
Besok KPU Gelar Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Surat Suara Pilkada Kudus ISKNEWS.COM
Foto; Istimewa

Kudus, ISKNEWS.COM – Setelah sukses pada tahapan penyelenggaraan pencoblosan pada pemilu kepala Derah 2018, baik pemilihan Gubernur dan wakil Gubernur serta Bupati dan Wakil Bupati di wilayah Kabupaten Kudus, Besok pagi Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kudus akan menggelar Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Hasil Pemungutan Suara di tingkat Kabupaten.

Acara yang akan digelar besok pagi Rabu (04/06/2018) dilaksanakan di aula lantai dua gedung secretariat KPU di Jalan Ganesha Purwosari Kudus.

Menurut Komisioner KPU Divisi Teknis Dhani Kurniawan, acara yang digelar besok akan dihadiri oleh seluruh Liasson Officeer (LO) dari kelima pasangan calon, Komisioner Panwaskab Kudus, Forkopimda dan stake holder terkait.

“Besok acara kita mulai sekitar pukul 09.00 WIB dan terkait kesiapan, Insya Allah kami sudah siap semua kegiatan itu tinggal pelaksanaan saja, termasuk juga kesiapan berbagai hal yang sebelumnya sudah dilakukan koordinasi dengan sejumlah pemangku kepentingan, seperti Panitia Pengawas Pemilu dan Kepolisian Resor Kudus,’ katanya.

TRENDING :  Kemeriahan Haul Sang Maestro Joglo Kudus

Dhani menjelaskan rapat pleno tersebut merupakan rapat pleno terbuka rekapitulasi suara yang merupakan hasil dari rekapitulasi sebelumnya di tingkat kecamatan yang dilaksanakan oleh sembilan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) se Kabupaten Kudus.

Dia menambahkan, pleno tersebut merupakan tahapan terpenting untuk mengetahui kepastian hasil perolehan suara pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Kudus, yang telah dilaksanakan pemungutan suaranya tanggal 27 Juni 2018 lalu.

Dalam pleno nanti akan ditandatangani berita acara perolehan suara yang diperoleh para paslon melalui tim atau saksi saksinya.

“Bila dalam tiga kali 24 jam tidak ada gugatan dari pihak yang bersengketa, maka calon akan segera di tetap kan pada sesudahnya. Selain itu pihaknya juga berharap, ke lima pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Kudus tetap menjaga komitmen siap kalah siap menang seperti yang terdapat dalam Piagam Deklarasi Damai, yang sudah ditandatangani oleh semua pasangan calon setelah penetapan nomor urut pasangan calon dilakukan.” ujarnya.

Seperti diketahui Pilkada Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Tengah dan Bupati dan Wakil Bupati Kudus sudah dilaksanakan di Kudus, pemilu berjalan aman, damai dan kondusif.

TRENDING :  Haryanto Optimis Menangkan 80 %

“Kami sangat memeberikan apresiasi yang tinggi atas partisipasi pemilih di Kudus yang melebihi angka target kita yaitu sebanyak 85 persen, sehingga kami berterimakasih kepada semua pihak dan stakeholder yang telah ikut mensukseskan pelaksanaan pesta demokrasi ini,” tutur Dhani.

Setelah semua PPK Se-Kabupaten Kudus membacakan BA Pleno penghitungan suara, dilakukan penandatanganan BA rekapitulasi penghitungan perolehan suara pemilu Bupati dan Wakil Bupati Kudus Tahun 2018 oleh seluruh komisioner KPU Kabupaten Kudus.
Dihubungi secara terpisah, Liasson Officeer pasangan nomor urut 1, Amat Soleh, terkait potensi timnya yang akan melakukan gugatan bila menganggap adanya potensi sengketa hasil, Soleh melalui telepon selulernya mengatakan, “Kita lihat dulu selisih angka, kalau satu persen kita akan ajukan gugatan itupun bila paslon menghendakinya karena untuk materipun kami sudah siapkan,” katanya.

TRENDING :  Tak Mau Tampil Glamour, Jatah Kampanye Terbuka AKHI Untuk Bakti Sosial Di 9 Kecamatan

Ditanya hal yang sama tim advokasi Paslon nomor 5, Yusuf Istanto, mengaku dirinya sama sekali tidak berfikir akan melakukan hal tersebut.
“Bagaimana kami harus berfikir melakukan gugatan Pilkada, wong kami sangat yakin pasangan yang kami usung ini Insya Allah pasti memenangkan Pilkada, seperti hasil quick count baik yang dilakukan oleh KPU maupun penghitungan C1 yang di himpun oleh timnya,” kata Yusuf.

Saat ini suasana di luar kantor sekretariat KPU terlihat sudah terpasang tenda dome untuk penjagaan oleh personel Brimob yang di BKO di Polres Kudus, yang akan melakukan pengamanan pada saat rapat terbuka rekapitulasi surat suara besok.

Sementara itu sejumlah personel polres Kudus setiap hari sejak kedatangan surat suara masih melakukan penjagaan terhadap gudang penyimpanan kotak suara yang ada di sebelah barat kantor dan satu gudang lagi ada di wilayah Desa Purwosari hingga seluruh surat suara di hitung besok, secara shift mereka melakukan penjagaan. (AJ/WH)

KOMENTAR SEDULUR ISK :