Besok Simulasi Sispam Kota Jelang Pemilu Di Gelar Di Alun Alun Kudus

oleh
Sejumlah pasukan Raimas berkendara sepeda motor memperagakan mennjnakkan para perusush (Foto: YM)

Kudus, isknews.com  – Besok pagi sejumlah ratusan personel Polres Kudus dari segala Satuan  dan bagian akan terlibat dalam kegiatan simulasi Sistem Pengamanan (Sispam) Kota dalam rangka kegiatan Pemilu Legislatif (Pileg) dan Pemilu Presiden (Pilpres) 2019.

Di jadwalkan kegiatan simulasi tersebut akan di gelar hari Sabtu, 09/03/2019 pada pukul 07.00 di alun-alun Simpangtujuh Kudus.

Pada kegiatan simulasi yang berlangsung besar-besaran ini akan  ditampilkan peragaan pengendali masa, saat mengamankan kericuhan dampak dari pelaksanaan pileg dan pilpres.termasuk juga ditampilkan model TPS untuk simulasi pengamanan dan peragaan kegiatan pileg dan pilpres.

TRENDING :  Kapolres Agusman Gurning Letakkan Batu Pertama Pembangunan Mapolres Kudus

Dalam TPS juga ada petugas KPPS berikut petugas Linmas dan aparat keamanan yang ikut berjaga.serta anggota KPU.

Peragaan Sis[am Kota tahun 2018 kemarin (Foto: YM)

Dari pantauan media ini, pada gladi bersih pagi tadi juga di peragakan akan terjadi rusuh yang dilakukan oleh sejumlah pengacau yang akan menggagalkan jalannya pesta demokrasi tersebut.

Tampak sejumlah pasukan inti, seperti K9 (tim anjing pembubar masa), truk penyemprot air water canon,  hingga tembakan gas air mata sudah mulai disiagakan.

TRENDING :  Gelar Pasukan Operasi Simpatik Candi

Kapolres Kudus, AKBP Saptono sebelumnya menjelaskan jika sebelumnya, latihan awal telah diselenggarakan di Lapangan Loram wetan, Kamis (07/03/2019) kemarin. “Sementara aksinya besok,” jelasnya, Jumat (08/03/2019) .

Terkait skenario simulasi, Saptono menjelaskan jika simulasi difokuskan pada pengamanan pra, saat, maupun pascacoblosan. Proses pengamanan masa kampanye, hingga perhitungan suara tak luput dari simulasi.

Hal tersebut dilakukan untuk menggali potensi-potensi kerawanan yang ada saat proses tersebut. “Kita detailkan lagi untuk mencegah masalah-masalah kecil yang bisa saja menjadi besar,” ujarnya.

TRENDING :  Pungutan Suara DKI Jakarta, Polisi Bersiaga Diperbatasan Cegah Mobilisasi Massa

Saptono menegaskan, kegiatan ini merupakan satu bentuk kesiapan dalam mengamankan Pemilu April mendatang. Pihak-pihak terkait juga akan digandeng demi memperkuat kekuatan penjagaan dan mencegah masalah timbul saat berlangsungnya Pemilu tersebut. “TNI, Satpol PP, dan petugas TPS juga akan kami libatkan,” jelasnya.

Dengan adanya latihan maupun simulasi yang nantinya akan diadakan di Alun-alun Kudus, pihaknya berharap, masyarakat bisa merasa aman dan nyaman saat berproses pada Pemilu.

Disinggung mengenai potensi peta kerawanan pemilu 2019 di wilayah Kabupaten Kudus, Kapolres mengatakan seluruh TPS di Kudus kami asumsikan dalam kondisi rawan.

”Sshingga kami dan anggota kami akan lebih optimum dalam melaksanakan pengamanan pelaksanaan Pemilu di Kudus ini,” tandasnya.

KOMENTAR SEDULUR ISK :