Besok, Tes Wawancara Calon PTPS Digelar Serentak

oleh
Besok, Tes Wawancara Calon PTPS Digelar Serentak
Foto: Pendaftar melihat pengumuman seleksi administrasi calon PTPS. (Istimewa)

Jepara, ISKNEWS.COM – Seleksi calon Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS) untuk gelaran Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Tengah (pilgub) 2018 telah memasuki tahapan seleksi wawancara. Tes wawancara akan digelar secara serentak pada Jumat (1-6-2018). Hal ini setelah pada Kamis (31-5-2018) ini pengumuman hasil seleksi administrasi dilakukan serentak di semua kecamatan di Kabupaten Jepara.

Ketua Panwas Kecamatan Pecangaan Ahmad Rudi mengatakan, peserta yang berhak mengikuti tes wawancara ini merupakan peserta yang lolos seleksi administrasi. Berdasarkan timeline pembentukan PTPS, seleksi wawancara hanya digelar sehari pada Jumat (1-6-2018) di masing-masing sekretariat panwas kecamatan atau di lingkungan kecamatan. “Yang terpenting tes wawancara dilakukan di dalam ruang tertutup,” kata Rudi, Kamis (31-5-2018).

TRENDING :  Panwaslu Rakor Bersama Stakeholder

Dalam melakukan tes wawancara ini, Panwascam bisa dibantu oleh Pengawas Pemilu Desa (PPD) lantaran jumlah peserta tes yang cukup banyak dengn waktu hanya sehari. “Aturannya boleh melibatkan PPD dalam melakukan tes wawancara, hanya saja harus dengan system acak. Artinya PPD desa A harus melakukan wawancara calon PTPS dari desa selain desanya,” jelasnya.

TRENDING :  Jual Miras Oplosan, Pria Asal Welahan Diamankan Polisi

Heru Prasetyo, Anggota Panwascam Pecangaan lainnya mengungkapkan, seleksi terbuka terhadap calon PTPS ini harapannya bisa mendapatkan PTPS yang berkualitas dan berintegritas sehingga bisa mengawal proses demokrasi lima tahunan di propinsi Jawa Tengah. Selain memiliki integritas dan komitmen yang kuat, calon PTPS juga dituntut untuk menguasai teknologi infomasi. Hal ini lantaran, proses pengawasan dan pelaporan Pilgub ini akan menggukana aplikasi berbasing daring (online). “Penguasaan IT juga menjadi salah satu tolak ukur penentuan calon PTPS,” katanya.

TRENDING :  Rakor Lintas Sektoral Operasi Ramadhniya Candi 2017 Dihadiri Dandim Jepara

Sementara itu, di Kecamatan Pecangaan setidaknya ada 221 pendaftar PTPS. Dari jumlah itu, ada beberapa yang dinyatakan tidak lolos seleksi administrasi lantaran berkasnya tidak lengkap. Dari 221 pendaftar itu, terdapat 100 pendaftar perempuan atau mencapai 45 persen. “Dari pendaftar ini sebenarnya jumlah perempuan yang mendaftar melebihi kuota 30 persen perempuan,” kata A.Zaenal Mustofa, Divisi Organisasi dan SDM Panwascam Pecangaan. (ZA/WH)

KOMENTAR SEDULUR ISK :