Betonisasi Jalan 487 Meter di Gondangmanis Kudus Rampung

oleh
ISKNEWS.COM
Foto: Betonisasi jalan dan talud di Desa Gondangmanis, Kecamatan Bae, dalam rangka TMMD Sengkuyung I 2018 selesai dilakukan. (Mukhlisin/ISKNEWS.COM)

Kudus, ISKNEWS.COM – Kodim 0722/Kudus telah merampungkan pembetonan jalan sepanjang 487 meter dan pembuatan talud jalan sepanjang 53 meter, di Desa Gondangnanis, Kecamatan Bae, Kudus. Pembangunan tersebut merupakan bagian dari sasaran fisik program Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) Sengkuyung I 2018.

Penutupan TMMD dilakukan di Alun-Alun Simpang Tujuh Kudus, Kamis (03-05-2018). Upacara penutupan dipimpin Bupati Kudus Musthofa dengan dihadiri berbagai pihak. Kegiatan ini mengambil tema TNI Manunggal Rakyat Membangun Karakter dan Kemandirian Bangsa.

Musthofa dalam sambutannya membacakan amanat KSAD TNI Jenderal TNI Mulyono, yang mengucapkan terima kasih kepada berbagai pihak yang telah berperan membantu kesuksesan TMMD yang ke 101. Sehingga dapat terlaksana dengan baik dan hasilnya bisa dirasakan masyarakat.

TRENDING :  Inilah Daftar Calon Sementara Anggota DPRD Kudus

Selaras dengan tema TMMD tahun ini, lanjutnya, TMMD diharapkan tidak hanya menghasilkan output berupa fisik semata. Namun juga mampu membangun karakter bangsa, khususnya generasi mudanya. Hal ini penting, karena output tersebut akan mendorong outcome yang sangat berharga, yaitu generasi muda yang kompetitif dan kemandirian Bangsa.

ISKNEWS.COM
Foto: Bupati Kudus Musthofa dan Dandim 0722/Kudus Letkol (Inf) Sentot Dwi Purnomo saat melakukan penutupan TMMD Sengkuyung I 2018 di Alun-Alun Simpang Tujuh Kudus. (Mukhlisin/ISKNEWS.COM)

Ditambahkan, di tengah badai krisis global dan epidemi virus kebangsaan, bangsa ini dituntut untuk lebih mampu memelihara dan mengembangkan segenap potens. Baik sumber kekayaan nasional, SDM maupun yang lainnya. “Oleh karenanya, demi mewujudkan bangsa yang mandiri dan sejahtera dalam kerangka NKRI, maka berbagai hal positif yang telah dilakukan selama ini, harus terus dilanjutkan bahkan dikembangkan,” ujarnya.

Meski secara ekonomi global dapat dikategorikan baik, menurutnya hingga kini belum dapat membebaskan diri dari kemiskinan dan kesenjangan. Bahkan, tanpa disadari, di tengah kebanggaan sebagai negara yang sangat demokratis, justru Indonesia tengah mengalami serentanan konflik dengan menguatnya politik identitas dan meluasnya berita hoax dan ujaran kebencian yang berbau SARA, hampir di seluruh wilayah Indonesia.

TRENDING :  Warga Desa Bungo Wedung Diedukasi Pentingnya Program KB dan Kontrasepsi

“Tentu , kita tidak boleh menafikan situasi ini, apalagi dalam waktu dekat kita akan menyambut pesta demokrasi. Sebagai perhelatan aspirasi rakyat, Pilkada serentak 2018 seharusnya dapat digunakan sebaik-baiknya untuk memilih pemimpin yang transformatif serta memiliki komitmen dan integritas yang kuat kepada rakyatnya,” imbuhnya.

ISKNEWS.COM
Foto: Betonisasi jalan dan talud di Desa Gondangmanis, Kecamatan Bae, dalam rangka TMMD Sengkuyung I 2018 selesai dilakukan. (Mukhlisin/ISKNEWS.COM)

Terpisah Dandim 0722/Kudus Letkol (Inf) Sentot Dwi Purnomo mengatakan, pihaknya telah menyelesaikan sasaran TMMD Sengkuyung I 2018 di Gondangmanis. Rinciannya sasaran fisik menuntaskan betonisasi jalan sepanjang 487 meter dengan lebar 2,5 meter dan ketebalan 15 sentimeter.

TRENDING :  Pupuk Rasa Kemanusiaan dan Solidaritas, PMI Kudus Gelar Rangkaian Kegiatan Sosial

Sementara untuk pembuatan talud jalan dilakukan sepanjang 53 meter dengan lebar 0,4 meter dan tinggi 2 meter. Selain sasaran fisik juga melaksanakan sasaran non fisik. Di antaranya, penyuluhan radikalisasi dan terorisme, penyuluhan KB kesehatan, emberdayaan masyarakat, penyuluhan bela negara, enyuluhan wawasan kebangsaan, penyuluhan Kamtibmas dan Narkoba.

Pihaknya juga beberapa waktu lalu bekerja sama dengan Ikatan Dokter Indonesia (IDI) melaksanakan tes lnspeksi Visual Asam Asetat (IVA). Masyarakat diberikan vasilitas secara gratis untuk memeriksakan kesehatan reproduksinya. “Semoga TMMD ini benar-benar bermanfaat untuk masyarajat,” tuturnya. (MK/WH)

KOMENTAR SEDULUR ISK :