Bhabinkamtibmas Center Pasuruhan Lor Diresmikan Kapolres Kudus

oleh

Kudus, ISKNEWS.COM – Kapolres KudusAKBP Agusman Gurning meresmikan Bhabinkamtibmas Center Desa Pasuruhan Lor, Kecamatan Jati, Rabu (13/12/2017). Peresmian ditandai dengan pemotongan pita dilanjutkan pengecekan ruang Bhabinkamtibmas Center, bersama dengan Camat Jati, Kepala Desa setempat dan tokoh masyarakat.

Agusman Gurning dalam sambutannya menyampaikan, terima kasih kepada Kades Pasuruhan Lor yang telah memberikan izin pinjam pakai ruko yang merupakan aset desa, untuk dijadikan Bhabinkamtibmas Center.

”Ini merupakan terobosan yang luar biasa dan bentuk sinergitas antarinstitusi, di mana pemerintah desa bekerjasama dengan Polri demi kepentingan masyarakat,” uajrnya.

Dikatakannya, Bhabinkamtibmas Center pada dasarnya meiliki fungsi sama seperti Rukan Bhabinkamtibmas di Besito, Kecamatan Gebog, yang telah diresmikan sebelumnya. Hany saja bedanya adalah Rukan menggunakan rumah milik Bhabinkamtibmas, sedangkan Bhabinkamtibmas Center menggunakan ruko milik Pemdes.

TRENDING :  Sampah Bambu Sumbat Lubang Jembatan Sungai Piji

Dengan adanya Bhabinkamtibmas center masyarakat tak perlu jauh-jauh ke Polsek atau Polres untuk menyelesaikan permasalahan yang ada. Cukup datang ke Bhabinkamtibmas Center semua akan beres.

Tak hanya masalah hukum, di Bhabinkamtibmas Center masyarakat juga bisa curhat masalah sosial. Misalkan ada masalah antartetangga bisa diselesaikan disitu juga. “”Yang pasti bukan masalah percintan,” candanya.

Dijelaskan Gurning, Bhabinkamtibmas Center seyogyanya melayani 24 jam. Hanya saja semisal malam tidak ada Bhabinkamtibmas bisa menghubungi melalui nomor yang tertera. ”Kebetulan Pak Istiyarno ini kan rumahnya di Dersalam, Kecamatan Bae, jadi ya tidak mungkin 24 jam berada di sini,” ujarnya.

TRENDING :  Kuota Elpiji Bersubsidi Di Kudus Tambah 3,97 Persen

Dirinya meminta Istiyarno berkantor di Bhabinkamtibmas Center, tidak perlu ke Polsek Jati kecuali ada keperluan yang sanagt penting. ”Sebab dengan stand by di Bhabinkamtibmas Center dapat lebih mendekatkan diri dengan masyarakat,” tandasnya.

Kepala Desa Pasuruhan Lor Noor Badri mengatakan, ide membuat Bhabinkamtibmas Center muncul karena Aiptu Istiyarno merasa ikut bertanggungjawab atas perkembangan desa binaanyaa. Apalagi sudah tugas polisi sebagai pelindung dan pengayom masyarakat harus mampu memberikan pelayanan tercepat.

”Awalnya dari jagongan untuk memecahkan masalah. Warga yang merasa di desanya ada Bhabinkamtibmas dan Babinsa menginginkan mereka bisa memberi kontribusi membantu memecahkan masalah,” tuturnya.

TRENDING :  AKP Muh Khoirul Naim Resmi Jabat Kapolsek Kudus

Dari situ terbesit ide dari Aiptu Istiyarno membuat Bhabinkamtibmas Center. Sebab, jarak rumah Istiyarno yang cukup jauh membuatnya tak bisa berlama-lama bertemu dengan warga. Akhirnya pihak desa memutuskan meminjamkan gedung ruko untuk Bhabinkamtibmas Center.

Dijelaskan Badri, ruko yang ditempati merupakan bangunan yang biasa dipakai PKK. Jumlahnya ada tiga ruko, namun dipinjam pakai satu untuk Bhabinkamtibmas Center. Masih ada dua ruko yang bisa dipakai PKK.

Sementara itu Bhabinkamtibmas Pasuruhan Lor Aiptu Istiyarno menyampaikan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah mendukung berdirinya Bhabinkamtibmas Center. Dia bertekad memberikan pelayanan terbaik dan tidak akan mengecewakan masyarakat Pasuruhan Lor. (MK)

KOMENTAR SEDULUR ISK :