Bhabinkamtibmas Center Pasuruhan Lor Mengispirasi Bhabinkamtibmas Desa Lain

oleh -1,052 kali dibaca
oleh

Kudus, ISKNEWS.COM – Ide cemerlang yang L0 Bhabinkamtibmas Desa Pasuruhan Lor, Kecamatan Jati, Aiptu Istiyarno berhasil menginspirasi Bhabinkamtibmas desa lainnya. Terbukti hari ini, Selasa (28/11/2017), seluruh Bhabinkamtibmas di bawah Polsek Jati melakukan studi banding sekaligus cek list kesiapan sebelum diresmikan miggu depan.

Kapolsek Jati AKP Bambang Sutaryo yang turut hadir meninjau kesiapan Bhabinkamtibmas Center, mengapresiasi ide cemerlang anggotanyaa itu. Berkat ide tersebut mulai sekarang masyarakat setempat tidak perlu susah jika terkena masalah.

Tak perlu jauh-jauh ke Polsek atau Polres jika terkena masalah hukum. Cukup datang ke Bhabinkamtibmas Cente, masalah pun selesai. “Permasalahan hukum yang sifatnya kecil dan atau bisa diselesaikan secara kekeluargaan cukup dibicarakan di Bhabinkamtibmas Center. Tak perlu sampai Polsek atau Polres,” katanya.

Tak hanya masalah hukum, di Bhabinkamtibmas Center masyarakat juga bisa curhat masalah sosial. Misalkan ada masalah antartetangga bisa diselesaikan disitu juga. “Yang pasti bukan masalah percintan,” candanya.

Dikatakannya, ide ini muncul karena Aiptu Istiyarno merasa ikut bertanggungjawab atas perkembangan desa binaanyaa. Apalagi sudah tugas polisi sebagai pelindung dan pengayom masyarakat harus mampu memberikan pelayanan tercepat.

Kami berharap daerah lain segera menyusul membuat hal serupa. Apabila ada lahan kosong atau rumah tak dipakai bisa dibuat Bhabinkamtibmas Center. “Atau seperti yang di Besito, Rumah Kantor Bhabinkamtibmas yang telah diluncurkan Kapolres beberapa waktu lalu,” tambahnya.

Sementara itu Kepala Desa Pasuruhan Lor Nor Badri menceritakan, awal munculnya ide membuat Bhabinkamtibmas Center berasal sari jagongan untuk memecahkan masalah. Warga yang merasa di desanya ada Bhabinkamtibmas dan Babinsa menginginkan mereka bisa memberi kontribusi membantu memecahkan masalah.

Dari situ terbesit ide dari Aiptu Istiyarno membuat Bhabinkamtibmas Center. Sebab, jarak rumah Istiyarno yang cukuo jauh membuatnya tak bisa berlama-lama bertemu dengan warga. Akhirnya pihak desa memutuskan meminjamkan gedung ruko untuk Bhabinkamtibmas Center.

“Kita pinjamkan ruko untuk Bhabinkamtibmas Center, agar masyarakat terbantu bisa dipecahkan masalahnya. Warga juga sangat antusias dengan bergotong royong dan patungan uang demi mempercantik kantor baru Bhabinkamtibmas,” ujarnya.

Nor Badri menambahkan, dulunya ruko tersebut biasa dibuat untuk kegiatan PKK desa. Tapi dari anggota PKK mengizinkan dibuat sebagai Bhabinkamtibmas Center. “Warga yang memiliki permasalahan silakan merapat ke Bhabinkamtibmas Center. Semua masalah beres,” pungkasnya. (MK)

KOMENTAR SEDULUR ISK :

No More Posts Available.

No more pages to load.