BHRD Kudus Tidak Melihat Hilal, Umur Bulan Sya’ban 1439H Istikmal

oleh
ISKNEWS.COM

Kudus, ISKNEWS.COM – Badan Hisab Rukyat Daerah (BHRD) Kudus tidak bisa melihat hilal pada 29 Sya’ban 1439H atau Selasa (15-5-2018). Ketidakbisaan melihat hilal tersebut dikarenakan ada beberapa faktor.

Ketua Tim Hisab Rukyat Kudus M Agus Yusrun Nafi mengatakan ada tiga faktor yang mengakibatkan BHRD Kudus tidak bisa menyaksikan hilal. Pertama yakni, ketinggian hilal hanya 0,13 derajat padahal minimal 2 derajat.

“Kemudian cuaca hari ini mendung, dan ketiga ketiga fokus lihat terhalang dengan pohon sehingga kebawah, seandainya ketinggian hilal dua derajat akan bisa dilihat, namun tadi hanya 0,13 sehingga tidak bisa,  posisi hilal pas di pohon,” papar dia, Selasa (15-5-2018).

TRENDING :  Mesin PG Trangkil Rusak, Ratusan Truk Berbondong Bondong Pasok Tebu Ke PG Rendeng

Ia mengatakan, hasil yang didapatkan dari hasil rukyat di gedung J UMK Kudus itu. Hasilnya langsung disampaikan kepada kemenag wilayah. “Hasilnya langsung kami sampai ke kemenag wilayah dan kemudian kemeng pusat,” kata dia sore itu.

Karena menurutnya, hasil dari rukyat tersebut menjadi bahan sidang isbat di Kemenag Pusat.”Sebagai bahan acuan dilaksanaan tim Kudus sama Pati tidak berhasil melihat hilal sebagai bahan sidang kemenag pusat se-Indonesia salah satunya Kudus,” pungkasnya.

Sebelumnya diketahui, tim ahli Hisab Kudus dan Pati melakukan rukyat di gedung ekonomi lantai enam UMK Kudus. Hal itu untuk melihat hisab untuk panduan rukyat awal ramadhan 1439H.

TRENDING :  Halal Bi Halal Itu Meminta Maaf, Memberi Maaf dan Silaturahmi

Sementara itu, Tim Rukyatul Hilal Pengurus Besar Nahdlatul Ulama/Lembaga Falakiyah Pengurus Besar Nahdlatul Ulama pada hari Selasa tanggal 15 Mei 2018 M / 29 Sya’ban 1439 H telah mlakukan rukyatul-hilal bil fi’li di beberapa lokasi rukyat yang telah ditentukan dan tidak berhasil melihat Hilal. Dengan demikian umur bulan Sya’ban 1439 H adalah 30 hari (istikmal).

Atas dasar Istikmal tersebut dan sesuai dengan pendapat Al-Madzahibul Arba’ah. Maka dengan ini Pengurus Besar Nahdlatul Ulama mengikhbarkan atau memberitahukan bahwa awal bulan ramadhan 1439H jatuh pada hari Kamis, (17-5-2018).

TRENDING :  Rusunawa Kudus Akan Ditambah Fasilitas Pagar dan Taman

Pada pesan tertulisnya, Kepada warga Nahdlatul Ulama’ dan umat Islam pada umumnya kami sampaikan selamat menunaikan ibadah puasa Ramadlan 1439H dengan penuh keimanan, keyakinan dan menjadikan bulan Ramadan sebagai momentum kerohanian untuk mensucikan diri dengan meningkatkan ketaqwaan dan memperbanyak bacaan qur’4an, dzikir serta beribadah dengan penuh kekhusyukan dan berbagai aktivitas sosial yang bermanfaat. Semoga ibadah puasa kita diterima oleh Allah SWT. Amin. (AJ/YM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :