BI Sediakan Rp 200 Miliar Untuk Penukaran Uang Baru di Kudus

oleh
Penukaran Uang Baru di Kudus
BI sediakan Rp 200 miliar untuk penukaran uang baru di Kudus. (Mukhlisin/ISKNEWS.COM)

Kudus, ISKNEWS.COM- Penukaran uang baru seolah menjadi salah satu tradisi yang dilakukan sebagian masyarakat setiap menjelang lebaran. Tujuannya bermacam-macam, salah satunya untuk dijadikan uang wisit kepada sanak saudara.

Karena hal itulah Bank Indonesia selalu menyediakan dana ratusan miliar untuk memenuhi kebutuhan penukaran uang pecahan baru selama Ramadan. Penukaran ini dilakukan di bank pemerintah yang ada di masing-masing kota.

TRENDING :  Tahun ini, Anggaran Hibah Tempat Ibadah Meningkat

Salah satu yang melayani penukaran uang pecahan baru adalah BRI Cabang Kudus, yang sudah mulai membuka pelayanan sejak Senin (28/05/2018) hingga Jumat (08/06/2018). Penukaran dilayani mulai pukul 08.00 WIB hingga 11.00 WIB.

Manajer Operasional BRI Cabang Kudus Subkhan Efendi mengungkapkan, dari Bank Indonesia Semarang memberikan Rp 200 miliar untuk kebutuhan penukaranuang baru di Kudus. Pecahan yang disediakan di antaranya Rp 2 irbu, Rp 5 ribu, Rp 10 ribu dan Rp 20 ribu.

TRENDING :  Tradisi Dandangan, Bukti Kudus Kota Sentra Dagang

“Bagi masyarakat yang menginginkan penukaran uang baru bisa datang langsung ke BRI Cabang Kudus atau di kantor unit yang tersebar di sembilan kecamatan,” tuturnya.

Efendi menambahkan, untuk penukaran uang setiap orang dibatasi satu bandel tiap pecahan, atau jika ditotal per orang hanya bisa melakukan penukaran maksimal Rp 3.700.000. “Ini dimaksudkan agar merata,” tandasnya.

TRENDING :  Stok Singkong Berlimpah Payak Targetkan Jadi Desa Mocaf

Dia memperkirakan akan terjadi kenaikan jumlah penukar uang meskipun tidak terlalu signifikan. Puncaknya biasanya terjadi tujuh hari sebelum lebaran. “Puncaknya biasa terjadi setelah THR keluar. Biasanya pecahan Rp 10 ribu yang paling diminati,” pungkasnya. (MK/YM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :