Bikin Sendiri Probiotik, Bakteri Menguntungkan Penambah Nutrisi Pakan Ikan

by
Bikin sendiri Probiotik, penambah nutrisi bagi pakan ikan organik (Foto: Istimewa)

Kudus, isknews.com – Probiotik merupakan bakteri hidup dan menguntungkan yang sengaja diberikan pada ikan atau air kolam. Jenis-jenis bakteri menguntungkan tersebut berasal dan hidup dalam usus mamalia.

Di pasaran saat ini banyak beredar beragam jenis produk probiotik dengan beragam merek yang ditawarkan. Probiotik untuk budidaya ikan yang beredar di pasaran umumnya mengandung beberapa jenis bakteri.

TRENDING :  Muria Koi Club Prediksi Kiblat Ikan Hias Di Indonesia Akan Bergeser Ke Jawa Tengah

Di antaranya adalah bakteri Escherichia colli berperan dalam menguraikan sisa-sisa mahluk hidup, termasuk kotoran dan keringat (lendir).

Bakteri Nitrosococcus dan Nitrosomonas berperan dalam menyuburkan atau pupuk, yaitu mengubah nitrit menjadi nitrat (nitrifikasi).

Bakteri Methanobacterium berperan dalam menghancurkan sampah dan kotoran ikan (proses pembusukan).

Bakteri Rhizobium berperan dalam mengikat nitrogen (kesuburan air kolam). Bakteri Lactobacillus bulgaricus berperan dalam menghasilkan asam laktat atau menghancurkan laktosa.

TRENDING :  Terus Bertambah, Jumlah Kandang Kambing Yang Didirikan Di Atas Tanggul Sungai Jratun

Dari laman Dinas Pertanian Dan Pangan Kudus, media ini mencatat ada beberapa keuntungan pencampuran pakan dengan probiotik pada pakan ikan.

Pertama penggunaan pakan lebih hemat, memperbesar ukuran pakan, karena setelah pakan direndam dengan probiotik yang dicampur dengan air dengan perbandingan 1:1, pakan bisa menjadi dua kali lipat jumlahnya. Hal ini karena pakan akan memuai (baca: melar).

TRENDING :  Sinergitas Kelompok Peternak Dan Pemkab Optimalkan Produksi
KOMENTAR SEDULUR ISK :