01

Bila Hujan Becek, Pedagang Di Lahan Relokasi Pasar Piji Bangun Kios Model Rumah Panggung

Kudus, isknews.com – Ratusan pedagang Pasar Piji, Kecamatan Dawe, Kabupaten Kudus yang direlokasi, harus membangun kiosnya dengan model rumah panggung. Langkah itu untuk menghindari barang dagangan mereka terendam banjir, karena tempat baru yang mereka tempati, berupa lapangan yang kalau hujan dipastikan becek.
Pantauan isknews.com, Minggu (14/8), para pedagang itu direlokasi, terkait akan dibongkarnya Pasar Piji dan diganti dengan bangunan baru. Pemindahan pedagang sudah berlangsung sejak Rabu (10/8), tempat yang disediakan adalah di lapangan di sebelah barat Puskesmas, atau tidak jauh dari Koramil Dawe.

Meskipun boyongan itu sudah berlangsung hampir satu pekan, namun sebagian besar pedagang belum semuanya buka, bahkan masih ada yang menyelesaikan pembuatan kiosnya. Menurut Ali, penjual pakaian, setiap pedagang memperoleh kios dengan ukuran 1,5 x 2 meter, pembagian penempatannya dengan cara diundi. Namun karena keterbatasan luas lapangan, banyak dari para pedagang terutama yang lesehan, belum kebagian tempat. Sehingga mereka ini terpaksa menggelar daganganya di pinggir lapangan, tanpa atap dan sekat. Masih ditambah belum tersedianya tempat parkir khusus, baik untuk sepeda motor pengunjung dan mobil pick up yang bongkar muat barang. Tidak mengherankan situasi di pasar itu menjadi semrawut.

Baca Juga :  Kompleks Pemakaman Sunan Kalijaga Tergenang Air Akibat Hujan

Seperti diberitakan di isknews.com, Pasar Piji, di Desa Piji, Kecamatan Dawe, akan dibongkar total dan diganti dengan bangunan baru. Anggaran yang disediakan sebesar Rp 33 milyar, sumber dana dari APBD Kabupaten Kudus TA 2016. Pasar yang setiap hari dikunjungi ribuan orang dari Desa Piji dan sekitarnya itu, berdiri di atas tanah seluas 13.500 meter persegi. Bangunan fisiknya terdiri kios berukuran 3 x 4 meter sebanyak 165 unit dan los sebanyak 20 unit, dengan jumlah pedagang sekitar 1000 orang. (DM)

APA KOMENTAR SEDULUR ISK ?