Bimtek Keprotokolan Ciptakan Protokoler Handal dan Profesional

oleh

Kudus, ISKNEWS.COM – Dalam rangka menciptakan protokoler yang handal dan profesional, Pemkab Kabupaten Kudus melalui Biro Humas Setda Kabupaten Kudus menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Keprotokolan.

Staf ahli Bupati Kudus bidang keuangan dan SDM, Wahyu Haryanti menegaskan untuk menjadi protokol yang kompeten dalam menangani sebuah acara setidaknya dibutuhkan pengetahuan, kemampuan, dan sikap, serta memahami isi UU No. 9 tahun 2010 tentang Keprotokolan.

“Maka seorang protokol harus tahu dan memahami isinya dengan baik terkait kegiatan yang berkaitan dengan aturan dalam acara kenegaraan atau acara resmi yang meliputi tata tempat, tata upacara, dan tata penghormatan sebagai bentuk penghormatan kepada seseorang sesuai dengan jabatan dan/atau kedudukannya dalam negara, pemerintahan, atau masyarakat,” kata kata Wahyu Haryanti saat membuka Bimtek keprotokolan di lingkungan Pemkab Kudus yang digelar di Aula Setda Lt 4, Rabu 07/11/2018.

TRENDING :  Pemkab Kudus Diminta Tindak Tegas Pelaku Pungli Mutasi Guru

Seorang protokol, lanjut Staff Ahli tersebut harus mampu menjadi manajer yang dapat mengatur jalannya kegiatan dengan baik dan memberikan pelayanan prima. Peran seorang protokol di dalam kegiatan pemerintahan sangatlah penting untuk memperlancar jalannya suatu kegiatan.

TRENDING :  Perda RTRW Kudus Mendesak Direvisi

“Protokoler harus mempunyai prinsip kerja yang mencerminkan seorang protokol yang profesional. Selain itu, seorang protokol juga harus mempunyai kecakapan seperti, tanggap, responsif, antisipatif, inovatif,” ujarnya.

Wahyu berharap dengan adanya Bimtek Keprotokolan ini dapat menciptakan protokoler yang handal dan profesional dalam melaksanakan tufoksinya, serta dapat menempatkan diri sesuai dengan norma dan kebiasaan yang berlaku di tengah masyarakat. Bimtek Keprotokolan dihadiri 76 peserta dari organisasi perangkat daerah (OPD) lingkungan Pemkab, Kecamatan dan perwakilan dari dinas instansi vertikal.

TRENDING :  Pindah Ke Pasar Piji Lama, Pedagang Harus Bangun Tempat Pendasaran Secara Swadaya

Pada Bintek protokoler yang diselenggarakan ini dihadirkan narasumber dari Pemprov Jawa Tengah yaitu Diah Binarti yang merupakan protokol senior Subbag protokoler bagian humas dan protokol biru umum Setda Jateng. (AJ/YM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :