Bioskop 3D Wahana Baru Museum Fosil Patiayam

by
isknews
Contoh foto 3D yang ada di Museum Kretek (ISKNEWS.COM-Darmanto)

Kudus, isknews.com – Museum Fosil Patiayam, akan ditambah wahana baru. Wahana tersebut adalah Bioskop 3 Dimensi (3D), yang akan dibangun di area museum yang letaknya di Desa Terban, Kecamatan Jekulo, Kabupaten Kudus itu. Kapasitas Bioskop 3D itu direncanakan sesuai standart, yakni bisa menampung 40 penonton.

Kepala Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Pengelola Museum, Kabupaten Kudus, Suyanto, yang dihubungi isknews.com, Kamis (02/11/2017), membenarkan hal itu. Menurut dia, mengacu pada hasil kunjungan studi banding ke Museum Purbakala Sangiran, Sragen, keberadaan Bioskop 3D di Museum Fosil Patiayam dinilai penting dan merupakan kebutuhan mutlak. Melalui Bioskop 3D, pengunjung bisa melihat secara visual, tentang yang berkaitan dengan atau asal-usul manusia atau hewan purbakala yang ditemukan di situs purbakala tersebut. “Bioskop 3D di Museum Sangiran, kapasitasnya sekitar 50 penonton. Durasi pemutaran filmnya dua jam, untuk setiap rombongan pengunjung.”

isknews
Contoh foto 3D yang ada di Museum Kretek (ISKNEWS.COM-Darmanto)

Kaitannya dengan Bioskop 3D di Museum Patiayam, lanjutnya, pihaknya akan segera mengajukan usul ke Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Kudus, agar pada APBD Kabupaten Kudus TA 2018, Disbudpar menganggarkan pengadaan Bioskop 3D di Museum Fosil Patiayam itu. Dia juga sudah membuat RAB perkiraan Bioskop 3D itu, mulai dari pembangunan fisik gedung sampai peralatan audio visual, sebesar Rp 400 juta. “Gedung Bioskop 3D di Mesuem Fosil Patiayam itu akan dibuat lebih besar Bioskop 3D yang ada di Museum Kretek. Di Museum Fosil Patiayam kapasitasnya 40 penonton, sedangkan di Museum Kretek, hanya 20 penonton.”

TRENDING :  Museum Gus Jigang, Pintu Awal Studi Islam Nusantara di Kudus

KOMENTAR SEDULUR ISK :