Bisakah Lahiran Normal Setelah Operasi Sesar?

by
Bisakah Lahiran Normal Setelah Operasi Sesar? ISKNEWS.COM
Foto: Bayi yang dilakirkan dari operasi sesar. (Istimewa/ISKNEWS.COM)

Kudus, ISKNEWS.COM – Tidak dipungkiri, melahirkan secara normal menjadi harapan bagi setiap ibu hamil. Akan tetapi, pada kenyataanya beberapa ibu hamil harus menjalani persalinan dengan operasi SC (Seksio Caesarea -red) atau sesar, dikarenakan beberapa hal.

Seseorang yang pernah menjalani operasi sesar, konon pada kehamilan selanjutnya tidak dapat melahirkan secara normal. Dengan kata lain, orang yang melahirkan anak pertama secara sesar, maka pada persalinan pada anak kedua atau ketiganya juga dilakukan secara sesar juga. Benarkah demikian?

dr. Fransiskus Christianto R, SpOG, M.Si, Med, mengungkapkan isu yang berkembang di masyarakat selama ini menyatakan bahwa kelahiran normal setelah sesar sangatlah berbahaya bagi keselamatan ibu. Sehingga melakukan operasi sesar pada persalinan ke dua dirasa sebagai pilihan terbaik.

TRENDING :  Pengukuhan BPC PHRI Kabupaten Kudus

“Sebenarnya, seorang ibu yang pernah menjalani operasi sesar berpeluang untuk melahirkan secara normal pada kehamilan selanjutnya. Namun harus melalui beberapa pertimbangan,” jelas dr. Fransiskus, Jumat (29-06-2018).

TRENDING :  Dandim 0722 Kudus : Koramil Harus Dekat Dan Jadi Garda Terdepan Rakyat

Diterangkannya, untuk melahirkan secara normal bisa dilakukan apabila riwayat sesar sebelumnya baru satu kali. Dengan pertimbangan denga insisi segmen bawah rahim, tidak ada kesempitan panggul dan tidak ada bekas robekan rahim atau bekas operasi lain pada rahim.

TRENDING :  Buka Jasa Parkir, Kelompok ini Donasi ke Anak Yatim

KOMENTAR SEDULUR ISK :