BMKG Adakan Sosialisasi Agroklimat

BMKG Adakan Sosialisasi Agroklimat

Demak, isknews.com (Lintas Demak) – Acara sosialisasi Agroklimat yang di selenggarakan oleh Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Iklim di Ciputat Tangerang, Jawa Barat (Jabar), yang diikuti Pasi Intel Kodim Demak Kapten Inf Rahmat.S.

Kegiatan tersebut memberikan pengetahuan tentang meningkatkan kemampuan petani dalam mengatisipasi iklim ekstrim untuk mendukung ketahanan pangan yang di ikuti lebih kurang 200 peserta.

Kepala BMKG Stasiun Iklim Ciputat Tangerang  Joko Siswanto E,Sos mengatakan, “Sosialisasi ini untuk mendukung swasembada pangan secara nasional sesuai Inpres Nomor 5 Tahun 2011, sehingga kegiatan ini juga dilaksanakan di seluruh Indonesia,” katanya di sela-sela kegiatan yang diadakan di Pendopo Kab.Demak, Selasa (18/4/2017).

TRENDING :  UP3AD Gelar Upacara Hari Bahasa Ibu International

Pelaksanaan sosialisasi itu bertujuan untuk memberikan informasi kepada para petani terkait iklim agar dapat dipahami lebih baik untuk mendukung kegiatan bertani dan mengurangi risiko gagal panen akibat iklim dan cuaca.

Kegiatan sosialisasi ini, mengharapkan peran aktif penyuluh dalam memberikan informasi kegiatan bidang pertanian agar BMKG dapat pula menyediakan informasi yang sesuai dengan kebutuhan petani dan untuk mendukung pertanian, BMKG turut berperan dalam memberikan informasi terkait prakiraan curah hujan bulanan, hari tanpa hujan (HTH) setiap 10 hari dan prakiraan musim setiap semester, ujarnya.

TRENDING :  Tumpeng Songo, Tradisi Perayaan Grebeg Besar di Demak

Sementara itu Bupati Demak yang di bacakan oleh Asisten II Windu Sunardi,SH menyampaikan bahwa pemerintah Demak mengajak para petani dengan adanya sosialisasi Agroklimat ini bisa di laksanakan dengan baik agar para petani memperhatikan cuaca sehinga petani bisa menikmati panen dengan baik.serta dengan adanya sosialisasi ini harus tangap dan cerdas untuk membaca iklim yang estrim ini, sehingga petani bisa menanam sesuai iklim sehingga bisa mendapatkan hasil yang maksimal,”harapnya.

Turut hadir dalam acara sosialisasi antara lain Bupati Demak yang diwakili Asisten II Bpk Windu Sunardi SH, Dandim Demak yang di wakili Pasiintel Kapten Inf Rahmad Sugiarto, Kapolres Demak yang di wakili Akp Mulyono SH, Anggota DPR RI Komisi V Fatkan Subeki, Kepala Balai Besar Wilayah II Meterologi Klimatorologi Geo Fisika Di Ciputat Tangerang  Joko Siswanto E,Sos, Kepala BMKG Jateng Ir Tuban Wiyoso, Kepala Kejaksaan kab Demak Khoirul Anwar SH. MH, Kepala OPD sekab Demak., Kepala Desa dan perwakilan Tokoh Masarakat  Kec. Bonang dan Kec.Wedung kab .Demak. (Wh)

KOMENTAR SEDULUR ISK :

Share This Post

Post Comment

*