BNI 46 Dukung Forum UMKM

BNI 46 Dukung Forum UMKM

CILACAP-Pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) harus sejahtera. Itulah cita-cita Bupati Kudus H. Musthofa dalam kerangka besar masyarakat yang semakin sejahtera. Impiannya tersebut kini secara bertahap sudah terwujud. Berkat pemberdayaan UMKM yang terus gencar dilakukannya di Kudus, pelaku usaha mikro kecil di Kudus sudah semakin kokoh berdiri.

Dikatakannya, bahwa pelaku usaha mikro di Indonesia mendominasi semua level usaha. Yaitu lebih dari 98 persen. Inilah kekuatan ekonomi kerakyatan yang sesungguhnya. Dan merupakan fondasi ekonomi nasional secara umum.

“Di pundak bapak ibu semua inilah sebagai penopang ekonomi kerakyatan sebagai kekuatan ekonomi nasional,” kata Pak Musthofa di hadapan ratusan pelaku UMKM, pejabat, dan stake holder di Kabupaten Cilacap, Kamis (25/8).

BACA JUGA :  Majlis Tombone Ati : Setiap Muslim Wajib Introspeksi Diri Dan Bersyukur Atas Nikmatnya

Pada kesempatan tersebut, Pak Musthofa yang juga sebagai pembina Forum UMKM Jateng, mengukuhkan kepengurusan Forum UMKM Kabupaten Cilacap. Juga dilakukan penandatanganan MoU kerja sama daerah antara Pemkab Kudus dengan Pemkab Cilacap.

Pak Musthofa menambahkan, bahwa dalam berwirausaha tentu ada kendala. Diantaranya masalah permodalan, pemasaran, kualitas dan inovasi produk, serta pemanfaatan teknologi informasi. Menurutnya pemerintah harus turun tangan memberikan jembatan solusi untuk semua permasalahan ini.

“Pemerintah/negara harus hadir untuk memberikan solusi permasalahan ini. Yang muaranya untuk kesejahteraan rakyat,” sambungnya.

Untuk itu, muncullah ide segarnya dengan menciptakan kredit usaha produktif (KUP). Yang memberikan pinjaman tanpa jaminan dengan bunga rendah. Gagasannya itu terbukti bisa meningkatkan produktivitas pelaku usaha mikro kecil di Kudus. Bahkan bisa menyerap ribuan tenaga kerja.

BACA JUGA :  Bupati Ajak Ibu-Ibu Menjaga Lingkungannya

“Saya percaya bahwa pelaku usaha mikro kecil ini merupakan orang-orang yang jujur,” kata Pak Musthofa menambah.

KUP dan Forum UMKM yang pada awal terbentuknya didukung bank daerah, kini semakin kuat dengan dukungan bank umum. Salah satunya Bank BNI 46. Karena bersama-sama ingin meningkatkan produktivitas pelaku UMKM dan penguatan ekonomi secara nasional.

“Saya menyampaikan terima kasih untuk Bank BNI 46 yang telah memberikan support untuk Forum UMKM dan pemguatan ekonomi kerakyatan,” tambah Musthofa.

Keseriusan bank umum dalam pemberdayaan UMKM terlihat di pendopo kabupaten Cilacap siang itu. BNI 46 Cabang Cilacap melaunching cilacapgallery.com. Yaitu sebuah situs jual beli online bagi para pelaku usaha mikro kecil yang terwadahi dalam Forum UMKM. Sehingga bisa memromosikan produknya dengan lebih luas.

BACA JUGA :  Bupati Kudus melantik 'Bupati'-nya Desa Mijen Darsan Diminta Layani Terbaik untuk Masyarakat

“Dengan menjual produk secara online, para pelaku UMKM ini bisa menjual produknya tanpa batasan tempat dan waktu,” jelas Kacab BNI 46 Cilacap, Bambang.

Dukungan dan sambutan kerja sama daerah juga muncul dari Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji. Salah satunya dengan kerja sama penguatan ekonomi di Cilacap dan umumnya untuk nasional. Peningkatan kesejahteraan dan penurunan angka kemiskinan di daerahnya.

“Yang terpenting pula, bisa saling tukar informasi untuk belajar bersama antara Cilacap dengan Kudus,” kata Tatto.(rg)

KOMENTAR SEDULUR ISK :

Share This Post