BPBD Salurkan Logistik ke Wilayah Terdampak Bencana

oleh
Foto: Personil BPBD Jepara, M Zainudin menyerahkan bantuan logistik ke perwakilan warga Desa Damarwulan, Kecamatan Keling yang terkena longsor. (Zacky/ISKNEWS.COM)

Jepara, ISKNEWS.COM – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Jepara, sejak Senin (05-02-2018) malam hingga Selasa (06-02-2018), langsung mendorong logistik ke sejumlah titik terdampak bencana yang terjadi akibat tingginya intensitas hujan. Logistik selain berupa makanan, juga disalurkan bahan untuk penanganan banjir seperti zak dan bronjong.

Anggota BPBD Jepara, M Zainudin mengatakan, untuk setiap desa yang terdampak bencana setidaknya diberikan 10 dus mie instan, 20 botol kecap, 10 botol saos, 10 dus air mineral, 5 kg gula pasir, 2 kg minyak goreng, kopi 60 bungkus/sachet, susu cair 60 bungkus/sachet. Sementara untuk bahan banjiran diberikan 2000 lembar zak dan 100 lembar bronjong kawat.

“Logistik ini sebagian besar untuk warga masyarakat yang bekerja bakti membersihkan material maupun sisa banjir dan longsor,” katanya, Selasa (06-02-2018).

TRENDING :  Selain Padamkan Api, TRC SIGAP Kerjasan Dibekali Teknik Dasar Hingga Penggunaan APAR

Berdasarkan data dari Pusdalops BPBD Jepara, setidaknya terdapat delapan titik bencana yang terjadi sepanjang Senin (05-02-1018). Tingginya intensitas hujan membuat sejumlah Kecamatan di Kabupaten Jepara digenangi banjir. Banjir ini disebabkan curah hujan dengan intensitas tinggi dan meluapnya sungai akibat tidak mampu menampung debit air.

TRENDING :  Jepara Berpotensi Langka Ahli Desain Ukir, Jurusan Dekorasi Seni Ukir SMK Jepara Sepi Peminat

Beberapa wilayah yang terdampak akibat hujan deras, diantaranya banjir dengan ketinggian air 1,25 meter di Desa Sumberrejo (Donorojo), tanah longsor di Desa Sumosari RT 04/RW 01 (Batealit), tanah longsor Dukuh Ngercah RT 01/RW 01 Desa Watuaji (Keling) yang memutus jalan penghubung Watu Aji ke Desa Klepu.

Tingginya curah hujan juga menyebabkan banjir di sekitar Desa Pelang sampai dengan Pasar Mayong yang mengakibatkan RS PKU Mayong tergenang. Air bahkan sempat masuk ke dalam ruangan pasien dengan ketinggian 5-10 cm. Di Desa Ngetuk (Nalumsari) dan tanggul jebol di Desa Manyargading (Kalinyamatan) juga merendam tanaman padi.

TRENDING :  Siaga 24 Jam, 300 Relawan Siap Bantu BPBD Tangani Bencana Alam

Bencana longsor juga terjadi di Desa Damarwulan, mengakibatkan satu pagar rumah warga roboh sepanjang 10 meter dan saluran pembuangan air rusak, longsor juga terjadi di Desa Bategede Kecamatan Nalumsari. (ZA/AM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :