Bripda Marlita, Sosok Kartini Zaman Now, Satu-Satunya Bhabinkamtibmas Perempuan di Kudus

oleh
Foto: Bripda Marlita Fitria. (Mukhlisin/ISKNEWS.COM)

Kudus, ISKNEWS.COM – RA Kartini menjadi titik balik kebangkitan kaum perempuan Indonesia. Meski bukan satu-satunya pahlawan wanita di Indonesia, namun perempuan dari Jepara ini mengubah nasib kaumnya yang memiliki hak sama dengan kaum laki-laki.

Kini banyak Kartini baru yang menjelma menjadi orang hebat, bahkan di negeri ini juga pernah dipimp;in presiden perempuan. Salah satu bukti kesetaraan hak yakni menjadi seorang polisi. Sudah banyak dijumpai polisi wanita (polwan) yang ikut menjaga keamanan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Salah satu sosok Kartini yang menjadi polwan adalah Bripda Marlita Fitria. Anggota Polsek Undaan yang sekarang ini menjadi Bhabinkamtibmas Desa Sambung, Kecamatan Undaan.

TRENDING :  Show Of Force Polres Kudus.

Marlita, begitu ia disapa dalam kesehariannya menceritakan, tidak menyangka bisa ditunjuk menjadi Bhabinkamtibmas di desa kelahirannya. Pasalnya dia adalah satu-satunya polwan yang menjadi Bhabinkamtibmas di Kudus.

Foto: Bripda Marlita Fitria. (Mukhlisin/ISKNEWS.COM)

Bahkan ini merupakan yang pertama kali di Kota Kretek. Sebelumnya belum pernah ada polwan yang menjadi Bhabinkamtibmas. Dia ditunjuk sebagai Bhabinkamtibmas sejak 01 Februari 2018 menggantikan rekannya yang ditunjuk menjadi pengawal calon bupati Kudus.

“Senang bisa menjadi Bhabinkamtibmas di desa sendiri. Tidak menyangka ditunjuk untuk posisi ini,” ucapnya beberapa waktu lalu.

TRENDING :  Salahi Ketentuan? Satu Sekolah Peroleh Dua Proyek Bantuan Rehab

Perempuan berusia 22 tahun ini mengaku sudah terbiasa berkomunikasi dengan warga. Sebab selain menjadi polisi, dia juga membantu mengajar ngaji di madrasah. Bahkan dirinya saat ini menlanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi mengambil program studi Pendidikan Agama Islam.

“Menjadi polisi itu mulia karena membantu menjaga keaman warga, tapi tidak ada salahnya ikut nyambi menjadi guru untuk mencerdaskan generasi penerus,” ujarnya.

Marlita sat ini sudah menginjak semester tiga di Universitas Wahid Hasyim (Unwahas) Semarang. “Saya berharap selama mendapatkan amanah menjadi Bhabinkamtibmas dapat menjalankan dengan baik, menjadi wadah aduan untuk menyelesaikan maslaah yang ada di desa,” tukasnya.

TRENDING :  Pembangunan Mapolres Kudus Dikebut, Ditarget Juli Rampung

Kapolsek Undaan AKP Anwar mengungkapkan, dipilihnya Marlita menjadi Bhabinkamtibmas Desa Sambung karena memiliki karakter yang bagus, cakap bicara, dan mudah membaur dengan masyarakat.

Apalagi sosoknya yang murah senyum karena kesehariannya juga ikut membantu mengajar mengaji juga menjadi pertimbangan. “Komunikasi dengan masyarakat sangat baik. Kami berharap Marlita mampu membuat berbagai terobosan di desa binaanya,” harap Anwar. (MK/WH)

KOMENTAR SEDULUR ISK :