Buah Incaran Para Ibu Hamil

oleh
Buah Parijhoto

Buah Parijotho banyak dijajakan di sepanjang jalan menuju makam Sunan Muria. “Bentuknya bulat seperti klentheng (biji pohon randu) lebih besar sedikit ukurannya, dan berwarna menarik”.

Tanaman khas yang tumbuh melimpah ruah di Pegunungan Muria itu, konon memiliki mitos yang turun-temurun sejak dahulu kala. “Dari mbah-mbah kita dulu, katanya kalau dimakan ibu hamil nanti anaknya yang lahir akan menjadi ganteng jika laki-laki, dan ayu jika perempuan”, ujar mbak Wati, penduduk setempat.

TRENDING :  Dolanan pasaran

Karena rasanya yang asam, pahit dan tidak enak jika dimakan langsung, biasanya ibu yang hamil menyiasatinya dengan cara dibuat rujak, pecel atau direbus sebelum Parijotho tersebut dikonsumsi. Umumnya ibu-ibu hamil yang mengonsumsi Parijotho saat usia kandungannya mencapai lima bulan ke atas, namun ada pula yang sudah mengonsumsi buah yang tumbuh di dataran tinggi di kawasan lereng Gunung Muria itu pada usia kehamilan baru mencapai dua hingga tiga bulan.

TRENDING :  Kampanye "Stop Bullying" Pada Anak, Warnai Peringatan Hari Anak Nasional

Menurut legenda yang dituturkan oleh pedagang oleh-oleh, bahwa Parijotho termasuk karomah dari Sunan Muria. Jika seorang ibu hamil makan buah ini, maka ia akan melahirkan anak yang tampan atau cantik. Yang dimaksud tampan atau cantik ini bukan dalam bentuk fisik saja, akan tetapi terlebih pada perilakunya kelak. Oleh karena itu, sekarang tanaman Parijotho ini sering dicari oleh para pengunjung, sehingga dapat mendongkrak harga tanaman tersebut.

TRENDING :  417 Siswa SMK WISUDA KARYA Ikuti UN

‪#‎neng‬

KOMENTAR SEDULUR ISK :