Budidaya Ikan Lele di Desa Undaan Tengah


Kudus-Budidaya ikan lele merupakan salah satu pilar ekonomi masyarakat pedesaan yang sangat cocok dengan situasi, lokasi dan kondisi alam pedesaan. Lahan pekarangan Kosong dan tidak produktif di desa banyak dimanfaatkan warga Desa untuk budidaya ikan lele. Ikan lele merupakan komoditi konsumsi yang selalu diminati masyarakat umum, karena memiliki nilai gizi yang tinggi dengan harga relatif terjangkau.

Sekarang di berbagai wilayah banyak warung makan kaki lima, atau rumah makan yang menyuguhkan menu pecel lele, berbagai varian olahan ikan lele yang rasanya menggugah selera. Saat ini pasokan ikan lele konsumsi di pasar sangat kurang kalau cuma mengandalkan hasil tangkapan dari alam. Peluang itulah yang dimanfaatkan warga Desa Undaan Tengah untuk budidaya ikan lele sistem kolam tanah. Warga Desa yang mempunyai kolam lele, Mujahiddin mengatakan ” budidaya ikan lele sebenarnya relatif mudah dan tidak menyita waktu, kalau di kelola dengan baik, atau sebagai usaha sampingan dapat memberikan nilai ekonomi dan tambahan penghasilan bagi keluarga”.

BACA JUGA :  Peta Politik Dua Partai Besar Cenderung Berpotensi Pecah Kongsi

Pemerintah Desa Undaan Tengah senantiasa mendukung usaha budidaya lele, membangkitkan, meningkatkan dan memberikan motivasi atau penopang usaha mereka agar dapat maju dan berkembang searah dengan tujuan pembangunan nasional. Bersama Pemerintah Desa apa yang telah di usahakan, harapan kedepannya budidaya ikan lele dapat maju, berkembang di Desa Undaan Tengah Kudus, bisa meningkatkan tarap kehidupan yang baik dan layak bagi warga Desa. (Pemdes)
Sumber: undaantengah.desa.id

@Rya

KOMENTAR SEDULUR ISK :

Share This Post