Budidaya Kopi Arabica Warga Bageng Tembus Pasar Luar Jawa

oleh

Pati, isknews.com (Lintsa Pati) – Selama ini masyarakat luas mengenal produksi kopi di Bumi Mina Tani, didominasi berjenis robusta. Namun, oleh kelompok tani Karya Utama Bageng di Dukuh Pondokan, Desa Bageng, Kecamatan Gembong, Pati, berhasil membudidayakan kopi arabica.

“Di Pegunungan Muria sendiri, budidaya kopi secara umum yang dilakukan oleh petani adalah kopi berjenis robusta. Maka kami mencoba membudidayakan kopi berjenis arabica dan berhasil,” terang Sekretaris Kelompok Tani Karya Utama Bageng, Kenji, Sabtu (28/10/2017).

TRENDING :  Disdagsar Terus Gencarkan Operasi Pasar Gas Melon

Ternyata, dengan produksi kopi jenis arabica tersebut, permintaan pasar lokal meningkat. Bahkan, permintaan produk warga Bageng itu merambah luar kota hingga luar Pulau Jawa.

TRENDING :  Dinilai Langgar Peraturan DPRD Kudus, Agus Wariono Gugat Pimpinan Dewan Ke PTUN

Lanjut dia, saat ini pihaknya menggarap lahan seluas 39 hektare sebagai perkebunan kopi arabica, yang berlokasi di lereng Pegunungan Muria.

“Di sana merupakan lokasi tertinggi yang mayoritas masyarakatnya dari dulu, memproduksi biji kopi sebagai pekerjaan utama. Jadi kami ingin membuat varian jenis kopi lainnya,” jelasnya.

Kelompok tani yang sudah berdiri sejak tahun 2002 itu, lanjut Kenji, hingga saat ini memiliki sebanyak 31 anggota aktif. Dan memiliki satu tujuan, yakni meningkatkan roda perekonomian masyarakat di daerahnya.

TRENDING :  Turunnya Indeks Harga Padi Padian Dan Umbi Umbian Sebab Utama Deflasi Di Kudus Pada Bulan April

“Kami berusaha semaksimal mungkin, agar kopi bisa menjadi komoditas utama di desa kami. Sehingga, derajat ekonomi masyarakat juga terangkat,” harapnya.(Wr)

KOMENTAR SEDULUR ISK :