Budidaya Pisang Kepok Masih Menjanjikan

by
isknews

Kudus, isknews.com – Tentunya, kita sudah tidak asing dengan tanaman pisang kapok pipit atau juga dikenal dengan pisang sobo, pisang jenis ini, saat ini sudah menjadi buah favorit bagi masyarakat. Selain karena harganya yang cukup terjangkau, tanaman pisang ini juga banyak dijumpai di mana-mana. Selain itu, tanaman pisang kapok pipit juga bisa diolah menjadi aneka makanan yang memiliki nilai ekonomi tinggi, seperti kue pisang, kolak, kue pudding, es pisang ijo, kripik pisang, kue pisang hingga pisang goreng.

Menurut H Abu, salah seorang petani pisang yang berhasil membudidayakan pisang jenis kepok sobo/pipit, harga satu tandan pisang kepok masih tinggi, antara Rp 80.000; hingga Rp 150.000;. “Membudidayakan pisang itu sangat mudah, karena buah pisang merupakan tanaman endemik di Indonesia, Alhamdulillah saya menanam pisang jenis kepok ini awalnya hanya sekedar coba-coba, dan hanya saya tanam di pinggiran sungai dan tanggul sawah saya” ujar H Abu.

Saat ini H Abu yang juga ketua gapoktan Ngemplak Undaan Kudus memiliki kebun pisang kapok sobo diatas seribu pohon, per 2 hari sekali bisa panen antara 3 sampai 5 pohon. “lumayan lah, istri tiap hari bisa mendapat uang belanja sekitar seratus hingga dua ratus ribu,” ujar H Abu.

KOMENTAR SEDULUR ISK :
TRENDING :  Kera Dan Babi Hutan Penyebab Petani Rahtawu Gagal Panen