Buka Luwur Sunan Kedu Bagikan 12000 Nasi Bungkus

oleh
ISKNEWS.COM

ISKNEWS.COM

Kudus, isknews.com – Ribuan warga gribig dan sekitarnya sejak siang terus  berdatangan untuk mendapatkan nasi bungkus di Makam sunan kedu, Senin (2/10/17). Suasana seperti itu menjadi pemandangan rutin, setiap dilaksanakannya tradisi “Buka Luwur”, yakni ritual penggantian kain kelambu Makam Sunan Kedu yang diseleggarakan setiap 13 Muharram.

Nasi bungkus yang dibagikan warga berupa nasi putih dengan lauk daging kerbau dan kambing yang dibungkus dengan daun jati.pembagian nasi itu dilakukan oleh panitia setempat sebelum pelaksanaan ritual “Buka Luwur”, tradisi penggantian kelambu makam Sunan Kedu yang dilaksanakan setiap 13 Syuro atau bulan Muharram tahun Hijriyah. Tradisi penggantian kelambu tersebut dilaksanakan malamnya setelah rentetan acara seharian dan dilaksanakan hingga kini.

TRENDING :  Wayang Kulit Purwa Gaya Pantura Kudusan, Pukau Penonton Taman Budaya Jawa Tengah Solo

Sebelumnya masyarakat sekitar mengadakan kirab budaya mulai dari tingkat RT, RW, sekolah SD dan MI  sedesa gribig. Kirab mulai diberangkatkan pukul 10.30 mengelilingi desa gribig kemudian shalat dhuhur di masjid al muttaqin kemudian perjalanan dilanjutkan kembali hingga sampai ke lokasi makam sunan kedu pukul 12.30.

TRENDING :  TMMD Hadir, Obati Kerinduan Rakyat

Menurut  kustiyono selaku sekertaris peringatan buka luwur sunan kedu saat di temui isknews.com ia mengatakan ” tradisi buka luwur kali ini berbeda dari tahun sebelumnya, kali ini mengalami peningkatan yang cukup signifikan, nasi bungkus yang kita bagikan hingga mencapai 12.000 lebih untuk warga gribig dan sekitarnya. Tujuan pembagian nasi bungkus ini adalah untik menumbuhkan rasa saling berbagi kepada sesama”ungkapnya

TRENDING :  Wakil Bupati Pati, Gagas Perusahaan Desa Koorporasi

Ia juga menambahkan”Masyarakat sejak pagi berdatangan tak henti hentinya untuk mengharap berkah dengan berziarah, dengan harapan semoga masyarakat gribig semakin makmur, murah sandang pangan, dan sehat. Imbuhnya

KOMENTAR SEDULUR ISK :