Bulog Siap Serap Gabah Petani

oleh -1,215 kali dibaca
Foto: kepala Bulog Sub Divre Wilayah Pati (Dok. Isknews.com)

Blora, iskenews.com (Lintas Blora) – Badan Logistik (Bulog) Subdivre wilayah Pati , menyatakan kesiapannya untuk melakukan penyerapan gabah dari para petani sebanyak-banyaknya tanpa membatasi jumlah setoran gabah. Hal itu berdasarkan Inpres nomor 5 tahun 2015 tentang serapan gabah petani.

Kepala Sub Divre Bulog Wilayah Pati, Ahmad Kholison, menjelaskan, dalam penyerapan tersebut telah membentuk Satuan Kerja (Satker) pengadaan untuk melakukan penyerapan gabah dan beras langsung dari para petani sebanyak-banyaknya sesuai dengan ketentuan. “Dalam Penyerapan itu bisa melalui satker dan bisa melalui Mitra Kerja Pengadaan (MKP). Yang muaranya nanti juga ke gudang Bulog yang ada di daerah,” terangnya.

Sub Divre Bulog Wilayah Pati, membawahi 5 gudang Bulog yang ada di 5 Kabupaten. Kabupaten Pati, Kabupaten Kudus, Kabupaten Jepara, Kabupaten Rembang dan Kabupaten Blora.

Lebih lanjut, Kholison menjelaskan, sampai dengan saat ini dalam penyerapan gabah petani masih menggunakan Inpres nomor 5 tahun 2015, karena belum ada penggantinya. “Untuk Gabah Kering Panen (GKP) harganya Rp. 3.700,” ujarnya.

Penyerapan itu, menurut dia, dilakukan untuk melindungi para petani supaya tidak dipermainkan tengkulak. Sebagaimana diketahui, harga gabah petani semakin menurun sampai dengan masa akhir panen. (as)

KOMENTAR SEDULUR ISK :

No More Posts Available.

No more pages to load.