Bupati Blora Sambat Harga Gabah Anjlok, Minta Bulog Serap Gabah Sesuai HPP

Bupati Blora Sambat Harga Gabah Anjlok, Minta Bulog Serap Gabah Sesuai HPP

Kudus, ISKNEWS.COM – Bupati Blora Joko Nugroho mengeluhkan anjloknya harga gabah di wilayahnya. Hal itu disampaikan kepada Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dalam acara musyawarah perencanaan pembangunan wilayah (Musrenbangwil), yang digelar di Pendapa Kabupaten Kudus, Selasa (14/03/2017).

Dia mengatakan, harga gabah kering panen (GKP) di wilayahnya hanya dibeli dengan harga Rp 2.500 per kilogram. Padahal harga pembelian pemerintah (HPP) ditetapkan Rp 3.750 per kilogram. ”Kasihan ini petani kalau seperti ini, rugi terus tiap musim panen tiba,” keluh Joko kepada gubernur.

TRENDING :  Sering Terjadi Banjir Bandang, Kepala Desa Wonosoco Minta Bantuan Gubernur

Dijelaskannya, selama ini dari pihak Bulog selalu menolak membeli gabah dengan kadar air yang cukup basah. ”Misalkan kadar air di atas 30 persen dari pihak Bulog menolak untuk membeli,” ujarnya.

TRENDING :  Ganjar Pranowo : Saya Yakin Dari Kudus Akan Lahir Orang-Orang Cerdas

Menanggapi hal itu, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengatakan akan berkoordinasi dengan Bulog Sub Divre II Pati, supaya secepatnya melakukan penyerapan gabah di Blora.

”Kita akan minta Bulog setempat untuk membeli seluruh gabah dari petani di Blora sesuai dengan HPP yang ada yakni Rp 3.750 per kilogram,” jelasnya. (MK)

KOMENTAR SEDULUR ISK :

Share This Post

Post Comment

*