Bupati Dan Kapolres Kudus Tanda Tangani MoU Rekrutmen Anggota Polri

Bupati Dan Kapolres Kudus Tanda Tangani MoU Rekrutmen Anggota Polri

Kudus, isknews.com – Bertempat di Pendopo Kabupaten Kudus, sore tadi Kepala Kepolisian Resor Kudus AKBP Agusman Gurning dan Bupati Kudus H. Musthofa, menandatangani naskah kerjasama (MoU) dalam rangka pembinaan dan latihan calon peserta seleksi penerimaan anggota Polisi Indonesia (Polri). Penandata-tanganan naskah kerjasama tersebut dilakukan dalam format apel yang diikuti oleh jajaran anggota dilingkungan Polres Kudus, Kepala-kepala satuan dan perwira.

Sementara dari jajaran pemkab Kudus apel diikuti oleh Sekretaris Daerah Noor Yasin, para kepala OPD, Perusda, BLUD dan Camat se Kabupaten Kudus, hadir pula dalam kesempatan tersebut Ketua DPRD Kudus Masan. Selasa (17/10/17).

Penandatanganan kerjasama kedua institusi tersebut dalam rangka proses pembekalan dan pelatihan bagi peserta seleksi penerimaan anggota Polri, baik untuk penerimaan taruna Akpol, bintara, maupun tamtama.

TRENDING :  Peringatan HUT Bhayangkara ke-71, Polres Blora Antisipasi Serangan Teror

Dalam pidato sambutannya, Kapolres Kudus AKBP Agusman Gurning menyampaikan, Kerjasama dilakukan agar Polri bisa memperoleh bibit-bibit unggul calon anggota Polri,  melalui kerjasama ini pihaknya akan memilih, menjaring, melatih, dan menyeleksi bibit-bibit unggul yang ada di Kudus, sebelum disertakan dalam proses seleksi yang sesungguhnya.

”Selama proses pelatihan, calon yang akan ikut seleksi akan mendapat pelatihan fisik, akademik, psikologi, mental, kepribadian atau moral, dan sebagainya,” katanya.

Menurutnya MOU dengan Pemerintah Daerah terkait seleksi penerimaan anggota baru Polri ini merupakan intruksi terstruktur dari Mabes Polri, kemudian Polisi Daerah (Polda) Jawa Tengah hingga ke tingkat Polres.

TRENDING :  Polres Blora Bersama Pemerintah Daerah Tanggapi Serius Perlintasan Kereta Api Tanpa Palang Pintu

“ Ini dimaksudkan agat tujuan  penerimaan anggota Polri baik dari Akademi Kepolisian (Akpol) maupun brigadir menjadi lebih terbuka. Kerjasama dengan Pemkab Kudus agar memberi dukungan dan dorongan untuk meningkatkan minat pendaftar. Dukungan seperti pengawasan dan sosialisasi,” ujar Kapolres.

Sementara itu Bupati Kudus H, Musthofa mengaku sangat mendukung upaya Polres Kudus untuk mendapatkan bibit-bibit unggul calon anggota Polri dari wilayah Kabupaten Kudus.

”Untuk itu, kami bersepakat melakukan kerjasama dalam upaya memperoleh bibit-bibit unggul tersebut,” jelasnya.

Bupati segera mengintruksikan kepada organisasi perangkat daerah (OPD) terkait di Pemkab Kudus bisa mendukung kerja sama yang telah disepakati dengan memberikan dukungan semaksimal mungkin terhadap salah satu program tersebut.

TRENDING :  Cek Kesiapan, Kapolres Periksa Senpi

Pemkab juga tidak akan mencampuri segala teknis seleksi yang dilakukan namun lebih terhadap pengawasan dan sosialisasi.

“MoU ini adalah bukti bahwa transparansi telah terjalin, dan saya menghimbau terhadap semua OPD, terutama Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kudus agar menginfokan sebaik-baiknya terhadap seluruh kepala sekolah,” pintanya kepada personel di jajarannya,

Selain pemgawasan dan sosialisasi, menurutnya juga perlu dibuatkan pamflet tentang waktu dan ketentuan pendaftaran.

Pihaknya akan memfasilitasi termasuk kebutuhan tempat. Serta Pemkab Kudus juga akan mengalokasikan anggaran untuk mendukung kegiatan pembinaan dan pelatihan calon peserta seleksi penerima anggota Polri. Alokasi anggarannya adalah di angka RP. 200 juta,” jelasnya. (YM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :

Share This Post