Bupati Meminta KST Peduli dengan Wilayah Desanya


KUDUS-Sebagai garda terdepan penegakan peraturan daerah (perda), Kader Siaga Tramtib (KST) diharapkan peduli dengan wilayah di desanya. Keberadaannya di lini depan penegakan perda sudah seharusnya memiliki kemampuan untuk berkomunikasi dan koordinasi yang baik.

Demikian dikatakan Bupati Kudus H. Musthofa saat memberi arahan pada pembinaan pada KST yang digelar di Balai Desa Burikan, Kota Kudus, Selasa (27/12). Acara yang dihadiri oleh 1.188 personel KST ini berasal dari 132 desa/kelurahan yang masing-masing sembilan orang.
Fungsi utama KST yaitu penegakan perda. Termasuk nantinya bisa meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD) yang mungkin selama ini belum terserap. Misalnya dari segala perizinan (salah satunya izin bangunan) yang mungkin belum terurus dan belum terbayarkan dari masyarakat.

TRENDING :  ​Dandim 0722 Kudus Buka TMMD Sengkuyung II Desa Sadang


”Untuk itu KST saya harapkan bisa mengkomunikasikan dengan baik dan jangan arogan. Karena semua adalah saudara/tetangga sendiri,” pesan Bupati.
Bupati juga meminta KST untuk benar-benar paham dengan wilayah desanya. Sehingga cita-cita situasi yang aman, nyaman, serta kondusif bisa membuahkan ketenteraman bagi seluruh masyarakat. Tentu hal ini yang diharapkan untuk kelancaran semua masyarakat Kudus dalam upaya peningkatan kesejahteraannya.
”Harus menjalin hubungan yang baik, silaturahmi, koordinasi yang baik dengan masing-masing kepala desa,” imbuhnya.
Pada kesempatan tersebut, bupati meminta ditunjuk satu koordinator untuk masing-masing kecamatan. Sehingga dengan adanya koordinator ini akan mempermudah koordinasi hingga ke KST di tingkat desa. Dan semuanya harus satu komando serta tidak boleh ambil langkah sendiri.
”Koordinator KST kecamatan ini sebagai mitra Pak Camat,” tambahnya.

TRENDING :  Badak Kudus Berjaya di Hari Kedua Sukun Bintaraya Cup


Di akhir arahan, bupati ingin KST menunjukkan kinerja yang terbaik bagi lingkungannya. Untuk itu akan terus dievaluasi setiap tiga bulan mulai tahun 2017 mendatang.
”Negara/daerah ini akan baik dan kuat, kalau dimulai dari tingkat desa yang terbaik pula. Untuk itu keberadaan KST sangat kami harapkan bisa menunjukkan kinerja yang terbaik,” pungkasnya.(*)

KOMENTAR SEDULUR ISK :

Share This Post