Bupati Pati Haryanto Canangkan Gernas Baku

oleh
Foto: Bupati Pati Haryanto menandatangani peluncuran Gernas Baku di Alun-Alun Pati. (Istimewa)

Pati, ISKNEWS.COM – Bupati Pati Haryanto canangkan Gerakan Nasional Orangtua Membaca Buku (Gernas Baku) di Alun-alun Pati, Sabtu (5-5-2018) pagi.

Pencanangan Gernas Baku menjadi titik awal supaya orangtua dapat menjadi contoh kepada anak-anaknya agar tumbuh minat untuk membaca buku sejak dini, mengingat buku adalah jendela dunia.

Dalam kesempatan tersebut Bupati Pati Haryanto mengemukakan, membaca buku itu penting, pasalnya, dengan membaca buku akan menambah wawasan yang luas.

TRENDING :  Bupati Pati Haryanto, Beri Rekomendasi Anak dari Penyandang Disabilitas Gratis Biaya Sekolah

“Gernas Baku ini sangat penting bagi perkembangan anak, terutama untuk menjadi anak yang gemar membaca buku. Untuk itu, orang tua harus memulai dengan membacakan buku-buku kepada anaknya,” ungkap Haryanto.

Bupati juga meminta supaya buku yang dibacakan kepada anak-anaknya, diharapkan sesuai dengan kebutuhan anak. Seperti halnya, buku dongeng, cerita nabi-nabi, cerita rakyat dan lain sebagainya.

TRENDING :  Bupati Pati Haryanto Tinjau Pelaksanaan Proyek Jalan dan Jembatan
Foto: Bupati Pati Haryanto menandatangani peluncuran Gernas Baku di Alun-Alun Pati. (Istimewa)

Menurutnya, ini bertujuan untuk membiasakan orangtua membacakan buku bersama anaknya supaya mempererat hubungan emosi antara anak dan orang tua, serta menumbuhkan minat dan budaya membaca anak sejak dini.

Dia juga mewanti-wanti agar buku yang akan dibacakan, tidak berbau hal-hal yang negatif dan tidak mendidik. Sebaliknya, orang tua harus membacakan buku-buku yang berkualitas, mempunyai nilai sejarah dan pembelajaran bagi anak.

Lebih lanjut, ada empat kemampuan yang harus dimiliki oleh anak-anak kita untuk menghadapi tantangan di abad 21, yaitu mampu berpikir kritis, mampu berpikir kreatif, komunikatif, dan yang ke empat mampu berkolaborasi.

TRENDING :  Ratusan Petani Ketela asal Cluwak dan Dukuhsekti berunjuk rasa di depan kantor Perhutani

“Sehingga dengan adanya pencanangan Gernas Baku ini, kami harapkan akan menumbuh kembangkan hubungan emosional, tanggung-jawab dan hubungan harmonis dengan anak dan orangtua,”pungkasnya. (WR/WH)

KOMENTAR SEDULUR ISK :