Bupati Pati Haryanto Sosialisasikan E Planning Untuk Mudahkan Kinerja BAPPEDA

Bupati Pati Haryanto Sosialisasikan E Planning Untuk Mudahkan Kinerja BAPPEDA

Pati, isknews.com (Lintas Pati) – Kabupaten Pati tahun 2018 sudah menggunakan E Planning untuk memudahkan kinerja Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (BAPPEDA) dalam perencanaan pembangunan daerah. Hal tersebut disampaikan Bupati Pati Haryanto usai sosialisasi E Planning di Ruang Rapat Pragola Sekda Pati, Jumat (10/3).

Perencanaan pembangunan merupakan hal yang penting bagi setiap daerah untuk melakukan perubahan menuju perkembangan yang lebih baik terhadap masyarakat, pemerintah. Namun, suksesnya hal itu harus didukung dengan teknologi IT, tujuannya adalah keterbukaan transparan dan sesuai dengan tupoksi masing-masing serta memiliki orientasi yang bersifat menyeluruh, lengkap tetapi tetap berpegang pada azas prioritas.

“Untuk memudahkan perencanaan anggaran pembangunan berbasis IT yang lebih awal, yang bertujuan untuk transparan, keterbukan, tidak seperti kemarin masih menggunakan sistem manual, bahwa pembangunan harus dilakukan sesuai dengan apa yang sudah direncanakan, dan tidak boleh dialihkan. Namun pembangunan ini tetap berpegang pada skala prioritas.” Jelas Bupati.

TRENDING :  GERIMIS DATANG SEORANG WARGA TERSAMBAR PETIR

Hal senada juga disampaikan Nasirin Kabid perencanaan dan evaluasi BAPPEDA, ” tahun 2018 tahapan awal untuk pelaksanaan E Planning dan Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (BAPPEDA) merupakan unsur perencanaan penyelenggaraan pemerintahan yang melaksanakan tugas dan mengkoordinasikan penyusunan, pengendalian, dan evaluasi pelaksanaan rencana pembangunan daerah.” Jelasnya.

Lanjut, terkait dengan sumberdaya manusia BAPPEDA nantinya akan mengadakan sosialisasi sistem informasi agar dapat terselesaikan dengan mudah, cepat, tepat dan sesuai dengan arahan yang terkandung dalam Permendagri No. 54 Tahun 2010.

TRENDING :  Ketua Komisi C DPRD Kudus Dukung Penerapan E-Planning Agar Pemerintah Lebih Transparan

Dengan adanya alat bantu e-planning, BAPPEDA dapat memaksimalkan sistem dengan sistem juga mampu menyajikan analisa yang sangat informatif bagi para pemangku kepentingan. Dan juga bisa diketahui oleh publik bahkan publik bisa mengakses terkait dengan perencanaan pembangunan yang sudah di rencanakan oleh pemerintah daerah. (Wr)

KOMENTAR SEDULUR ISK :

Share This Post

Post Comment

*