Bupati Pati : Warga Godo Diminta Rawat Infrastruktur Jalan

oleh
Foto: Istimewa

Pati, ISKNEWS.COM – Bupati Pati Haryanto resmi menutup kegiatan pelaksanaan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Reguler ke-101 yang digelar Kodim 00718/Pati di Desa Godo, Kecamatan Winong, Kabupaten Pati, Kamis (3-5-2018) kemarin.

Selain puluhan kegiatan nonfisik yang menjadi sasaran dalam kegiatan TMMD tersebut, ada pula kegiatan fisik. Yakni betonisasi jalan desa sepanjang 1.700 meter. Kemudian juga ada rehab pos kamling, rehab rumah tidak layak huni sebanyak tiga unit dan jambanisasi bagi masyarakat yang kurang mampu.

Terkait dengan pembangunan betonisasi jalan yang berada di Dukuh Selowire, Bupati Pati Haryanto berpesan kepada masyarakat dan pemerintah desa setempat agar bisa ikut merawat apa yang telah dibangun oleh TNI tersebut.

TRENDING :  Nyolong Celengan Macan Tetangga, Pelaku Dicokok Polsek Batangan

“Kami dari pemerintah daerah tentu menyampaikan terima kasih kepada TNI yang telah bersatu padu dalam program TMMD ini hingga tuntas, bahkan over prestasi. Harapannya, setelah apa yang dibangun ini, masyarakat juga ikut merawatnya,” ujarnya usai penutupan TMMD kemarin.

Foto: Istimewa

Hal itu ditegaskannya, karena, status jalan yang dibangun dalam program TMMD yang berada di Dukuh Selowire tersebut statusnya adalah jalan desa, sehingga perawatannya juga dilakukan oleh pemerintah desa setempat.

TRENDING :  Senyum Teritorial Dansatgas TMMD Reguler Ke-98 Kodim Kudus, Bersama Masyarakat

Terkait dengan biaya perawatan, katanya, pemerintah bisa mengalokasikan sebagian dari dana yang dimiliki pemerintah desa. Di antaranya, dana desa (DD) Alokasi Dana Desa (ADD) maupun program Noto Projo.

Selanjutnya, dirinya juga mewanti-wanti agar masyarakat tidak lantas berhenti untuk berpartisipasi dan bergotong royong membangun desa, meskipun program TMMD sudah selesai.

“Jangan lantas berhenti di sini saja. Tetapi, masyarakat harus mau bersatu padu, bergotong royong untuk bersama-sama membangun desanya. Karena, kemajuan desa merupakan tanggung jawab bersama,” ungkapnya.

TRENDING :  SD 3 Singocandi Kudus Gunakan Rumah Dinas Guru Untuk Kantor Kepala Sekolah

Menurutnya, program TMMD yang telah dilakukan TNI tersebut juga bisa menjadi contoh untuk menggerakkan dalam hal bergotong royong untuk kemaslahatan bersama.

“Hal ini menjadi cara untuk memberikan motivasi kepada warga. Karena kalau tidak digerakkan, biasanya warga apatis. Nah dengan adanya TMMD ini, diharapkan kedepan masyarakat bisa lebih solid lagi, karena TNI sudah memberi contoh,” pungkasnya. (WR/WH)

KOMENTAR SEDULUR ISK :