Bupati Rembang Tegaskan Untuk Lapor Jika Ada Yang Memanfaatkan BOP

oleh -1,049 kali dibaca

Rembang, isknews.com (Lintas Rembang) – Bantuan Operasional Penyelenggara (BOP) PAUD tengah diserahkan kepada 732 lembaga PAUD di Kabupaten Rembang. Jika ada yang berniat memanfaatkan BOP tersebut, Bupati Rembang meminta untuk segera melaporkan ke Plt. Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga. Dan Total dana yang disalurkan sekitar Rp.16 milyar lebih, naik dari tahun 2016 sekitar Rp. 9 milyar lebih.

Bupati Rembang, H.Abdul Hafidz menegaskan, jika ada yang berniat memanfaatkan BOP tersebut, ia meminta untuk segera melaporkan ke Plt. Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga, Akhsanudin.
” Pasalnya hal tersebut sudah masuk dalam kategori pungutan liar dan bisa ditindak lanjuti oleh Tim Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar (Saber Pungli),” tandasnya.

Selain itu, Bunda PAUD Kabupaten Rembang, Hj. Hasiroh Hafidz menambahkan, bantuan tersebut bertujuan untuk meringankan beban pendidikan bagi orang tua siswa. Sehingga lembaga PAUD yang menerima diminta untuk mempergunakan dana BOP tersebut sesuai peruntukkannya.
“Jangan percaya jika ada seseorang yang mengatakan ini (BOP) ada potongannya. Misalnya potongan untuk pak Bupati atau kepala dinas, itu tidak ada,”tegasnya.

Dan sementara itu, Menurut Kasi Peserta Didik dan Pembangunan Karakter PAUD dan PNF, Sujatmiko di sela-sela sosialisasi Dana Alokasi Khusus (DAK) dan BOP PAUD 2017 di pendopo Museum Raden Ayu Kartini,Selasa (11/4), dana tersebut didapat dari perhitungan jumlah siswa PAUD dari 732 lembaga, yakni 26.809 anak dan satu anak perhitungannya mendapat Rp.600 ribu. Dana tersebut akan digunakan untuk tiga komponen.

Tiga komponen tersebut yakni minimal 50 persen dari dana BOP PAUD untuk menunjang kegiatan bermain dan pembelajaran seperti peralatan pembelajaran, maksimal 30 persen untuk kegiatan pendukung salah satunya untuk penyediaan makanan sehat dan maksimal 15 persen untuk kegiatan lainnya seperti perawatan sarana dan prasarana, membayar listrik dan internet. (Hdy)

KOMENTAR SEDULUR ISK :

No More Posts Available.

No more pages to load.