Bupati , ” Takmir Masjid Jadi Penyejuk di Masyarakat “

oleh

KUDUS , ISKNEWS.COM – Bupati Kudus H.M. Tamzil turut hadir dalam silaturrahim takmir masjid se-Kabupaten Kudus di Gedung Yayasan Masjid Menara Makam Sunan Kudus, pada Selasa malam (19-03-2019).

Kegiatan yang diselenggarakan oleh Pengurus Masjid Menara Kudus dan Dewan Masjid Indonesia ini bertujuan untuk mengoptimalkan peran masjid dalam merajut dan memperkokoh Ukhuwah Islamiyah dalam bingkai NKRI.

Bupati Kudus mengapresiasi terselenggaranya acara tersebut, hal ini ditunjukkan dengan sikap pemerintah daerah yang siap menjadi tuan rumah untuk pertemuan selanjutnya.

TRENDING :  Tari Gusjigang, Gambarkan Kehidupan Masyarakat Kudus

Berlangsungnya acara tersebut, dinilai sebagai ruang untuk mengingatkan kembali fungsi masjid di dalam masyarakat.

Dirinya mencontohkan peran masjid pada zaman Nabi Muhammad SAW sebagai pusat pengembangan masyarakat, disamping sebagai tempat ibadah.

“Nabi membangun masjid dahulu, disamping sebagai tempat sholat juga untuk membangun masyarakat dan majelis untuk pengendalian masyarakat,” ujarnya.

Fungsi masjid dapat optimal jika didukung peran aktif takmir masjid dalam membangun serta menyelenggarakan kegiatan-kegiatan kemasyarakatan.

“Sewaktu keliling berjamaah, nampak sekali Takmir masjid punya upaya maksimal dalam membangun masjid,”.

TRENDING :  Jejak Pasar Ngeprul di Desa Wates

Dirinya berpesan, pembangunan fisik masjid yang megah supaya diiringi pula dengan upaya peningkatan jamaah masjid. Tak lupa, dirinya juga berpesan supaya takmir masjid bisa menyejukkan masyarakat ditengah-tengah hangatnya suasana pemilu saat ini.

“17 April mendatang diselenggarakan Pemilu sehingga peran takmir sebagai pendingin suasana masyarakat Kudus untuk menyalurkan aspirasinya,” Terangnya.

Sementara itu, bupati juga menyampaikan perkembangan program unggulan tunjangan bagi Imam, Takmir dan Marbot masjid yang saat ini masih diolah.

TRENDING :  Kerjasama Sinergi BKM Kades dan Camat Menuju Kudus Kota Tanpa Kumuh

“Program tunjangan untuk Imam, Takmir dan Marbot masjid akan kita luncurkan, saat ini masih menunggu pendataan setiap masjid di kampung – kampung, Insya Allah perubahan anggaran sudah kita laksanakan,” Ungkapnya.

Pemerintah daerah juga akan terus memperjuangkan alokasi APBD untuk pembangunan masjid – masjid di Kabupaten Kudus.

“APBD secara bertahap akan membantu pembangunan masjid-masjid di Kudus, semoga bisa lebih dan menjangkau sampai ke masjid desa – desa,”Pungkasnya. (Kominfo/Mr)

KOMENTAR SEDULUR ISK :