Bupati Tamzil Buka Bimtek Pengadaan Langsung SPSE 4.3 dan E-Katalog

oleh
Bupati Tamzil

Kudus, ISKNEWS.COM – Bupati Kudus HM Tamzil didampingi wakilnya HM Hartopo membuka langsung Bimbingan Teknis (Bimtek) Pengadaan Langsung SPSE 4.3 dan E-Katalog bagi pengguna dari Kelompok Kerja (Pokja), Pejabat Pembuat Komitmen (PPK), dan Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE) di lingkungan Pemkab Kudus, Rabu (6/2/2019) di Hotel Hom Kudus.

Kegiatan tersebut diadakan Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) Melalui Direktorat Pengembangan Sistem Pengadaan Secara Elektronik (SPSE).

Bupati Tamzil dalam sambutannya mengatakan dengan model Pengadaan Langsung SPSE 4.3 dan E-Katalog, kita menjadi lebih nyaman dan aman karena kinerjanya sesuai dengan sistem yang ada.

TRENDING :  Ribuan Siswa SMP di Kudus Siap Ikuti UNBK 2018

Ia juga menyampaikan kepada peserta untuk serius dalam mengikuti bimtek, karena penting sekali bagi kita, “Bagaimanapun ini menyangkut perlindungan keuangan negara, Satu rupiahpun harus kita pertanggung jawabkan, terutama kegiatan terkait pengadaan langsung,” jelasnya.

LKPP lelang cepat sebenarnya sudah ada, namun dengan sistem ini perlu kita lakukan, untuk kedepan, kita harus mempersiapkan diri. “Karena lelang cepat harus membutuhkan waktu yang tidak lama,” tegas Tamzil.

TRENDING :  Antoni Alfin dan Firdaus Ardyansyah Berebut Ketua KONI Kudus

Sementara itu, Shandy, Manager Ayooklik.com, menjelaskan terkait tugas dan fungsi Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP), dimana LKPP Melaksanakan pengembangan, perumusan, dan penetapan kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah, lalu Penyusunan dan perumusan strategi serta penentuan kebijakan dan standar prosedur di bidang pengadaan barang/jasa Pemerintah termasuk pengadaan badan usaha dalam rangka kerjasama pemerintah dengan badan usaha, penyusunan dan perumusan strategi, penentuan kebijakan pembinaan sumber daya manusia di bidang pengadaan barang/jasa Pemerintah, serta pemantauan dan evaluasi pelaksanaannya.

Lalu beliau juga memperkenalkan secara singkat terkait aplikasi SPSE 4.3 kepada para peserta, mulai dari fitur terbaru dalam aplikasi SPSE 4.3, lalu metode tender cepat yang dapat diikuti pelaku usaha, serta sistem pendukung SPSE 4.3 yang diperuntukan bagi pelaku usaha yaitu SIKaP (Sistem Informasi Kinerja Penyedia).

TRENDING :  Penyalahgunaan Obat Semakin Masif, BPOM Ajak Warga Ikut Awasi

Beliau menjelaskan beberapa hal, diantaranya Metode Pemilihan menurut Peraturan Presiden Nomor 16 Tahun 2018, yang terdiri dari E- Purchasing, Tender, Tender Cepat, Penunjukan Langsung, Pengadaan langsung, dan seleksi. (AJ/YM).

KOMENTAR SEDULUR ISK :