Bupati Tamzil : Kepedulian Lingkungan Harus Ditanamkan Sejak Usia Dini

oleh
Bupati Kudus, HM Tamzil saat menghadiri jalan santai PAUD Muslimat se Kabupaten di Alun-alun Kudus, Sabtu (23/3/2019) pagi. Ia mengajak para guru, utamanya guru jenjang PAUD untuk menjadi suri tauladan atau memberikan contoh kepada anak didiknya. (Aris Sofiyanto/ISKNEWS.COM)

Kudus, ISKNEWS.COM – Bupati Kudus, HM Tamzil mengajak para guru, utamanya guru jenjang PAUD untuk menjadi suri tauladan atau memberikan contoh kepada anak didiknya. Hal itu dirasa perlu, selain karena masa anak-anak adalah usia meniru, di lingkungan pendidikan lah guru sebagai orang tua kedua bagi anak.

“Jika tidak dari kecil, bukan tidak mungkin, rasa kepedulian akan kebersihan di sekitar bisa sedikit memudar,” ujar Tamzil saat menghadiri acara Jalan Sehat Yayasan Pendidikan Muslimat NU Kabupaten Kudus di Alun-Alun, Sabtu (23/3/2019) pagi.

TRENDING :  Tata Cara Puasa Syawal

Untuk itu, lanjut Tamzil, Pihaknya berpesan kepada para guru di Kudus untuk menanamkan rasa peduli lingkungan pada siswanya sejak kecil. Pembuatan piket kelas juga diharapkan bisa diterapkan,”

Dari pantauan Media ini, acara tersebut memang menyisakan sampah. Sekalipun tak terlalu banyak, sampah-sampah makanan ringan cukup mengotori jalanan Alun-alun Simpang Tujuh. Terutama depan Pendapa Kabupaten dan membuat pemandangan tidak enak.

TRENDING :  Inilah Potret Kehidupan Buruh di Kabupaten Kudus

Atas inisiatif panitia dan instruksi Bupati, para anak-anak pun turun ke jalan dan memunguti sampah yang berserakan. Petugas kebersihan juga segera dikerahkan.
“Ya, kita himbau untuk memunguti, mereka mau melakukannya,” ujar Tamzil.

Tamzil juga mengharapkan masyarakat bisa membudayakan tertib membuang sampah. Semua roda penggerak pengolahan sebenarnya dirasa sudah baik olehnya. Dimulai dari pengambilan sampah rumah tangga sampai pengelolaan pun sudah berjalan baik. Tinggal bagaimana warga Kudus lebih bijaksana lagi dalam membuang sampah. “Mari sama-sama menjaga kebersihan lingungan di Kudus,” tandasnya.

TRENDING :  Kelompok Bahan Makanan Penyumbang Inflasi Terbesar

Acara Jalan Sehat Yayasan Pendidikan (YP) Muslimat NU sendiri dihadiri oleh ratusan anak-anak yang terdiri dari 125 sekolah. Acara tersebut masuk serangkaian acara peringatan Harlah Muslimat NU yang sebelumnya juga di gelar di Alun-alun Simpang Tujuh Kudus, Minggu (24/2/2019) lalu. (AJ/YM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :