Bupati Tegaskan Pendidikan Di Kudus Gratis

by
Kudus-Bangsa yang kuat harus didukung oleh pendidikan yang baik. Termasuk di dalamnya untuk mencetak manusia berkepribadian melalui pembangunan manusia meliputi tiga dimensi. Yaitu cerdas, sehat dan berbudi pekerti luhur. Itulah sebabnya dunia pendidikan mendapatkan prioritas di Kudus menjadi salah satu pilar dari visi Mewujudkan Kudus yang Semakin Sejahtera.

Dengan mewajibkan warga Kudus untuk mengenyam pendidikan setidaknya hingga lulus SMA/sederajat, pemkab tentunya memiliki upaya menyukseskannya. Itulah yang menjadi tekad Bupati Kudus H. Musthofa untuk menyelenggarakan pendidikan yang terjangkau dan berkualitas. Bahkan, kini warga Kudus bisa sekolah dari SD hingga SMA/SMK (negeri) secara gratis.
”Tidak boleh ada pungutan apapun dari sekolah. Semua kami gratiskan hingga lulus SMA,” tegas bupati saat rakor pendidikan di gedung Setda Kudus, Rabu (4/2).

Hal ini bahkan telah dipaparkan di hadapan Presiden RI Joko Widodo satu hari sebelumnya. Selain pendidikan, bupati juga memaparkan tentang konsep kredit usaha produktif. Tantangan yang diberikan oleh presiden, dijawab bupati bahwa Kudus sebagai pilot project program ini akan berhasil dalam tempo satu semester.

Pembebasan biaya ini berlaku bagi sekolah negeri di Kudus mulai dari SD hingga SMA/SMK. Sedangkan sekolah swasta ditarget bisa menggratiskan 20% siswa yang ada. Kebutuhan operasional sekolah telah dianggarkan melalui biaya operasional sekolah (BOS) dan dana alokasi khusus (DAK). Sehingga untuk pemenuhan sarpras dan kegiatan ekstrakurikuler telah ter-cover dari BOS dan DAK tersebut.


”Ini sesuai dengan amanat UUD ’45 untuk hak warga negara memperoleh pendidikan. Tentunya, dengan pendidikan yang terjangkau dan berkualitas akan memutus lingkaran kemiskinan,” jelasnya.
Sumber:Humas

@Rya                             
KOMENTAR SEDULUR ISK :