Bursa Inovasi Desa Patut Dikembangkan

oleh

Pati, isknews.com – Bupati Pati Haryanto menyerukan agar masing-masing desa mempunyai inovasi, baik di bidang kuliner, kerajinan, pariwisata ataupun bidang yang lain. Sebab, dari tahun ke tahun, anggaran DD tidak semakin berkurang, tetapi justru malah bertambah.

“Dengan anggaran yang terus bertambah ini, tentunya akan mempermudah masyarakat desa untuk terus berinovasi. Inovasi itu suatu hal yang baik dan sebuah karya cipta yang nyata. kalau masing-masing desa sudah mempunyai inovasi, maka perlahan akan mampu menggerakkan pertumbuhan ekonomi masyarakat,” jelasnya dalam acara Bursa Inovasi Desa di Pendopo Kabupaten Pati, Selasa (30/10/2018).

TRENDING :  Pemkab Tarik Minat Investor Lewat Business Forum

Dirinya menegaskan, Dana Desa (DD) tidak melulu harus difokuskan pada pembangunan infrastruktur, tetapi juga pengembangan ekonomi dan sumber daya manusia. Ini penting untuk keberlangsungan jangka panjang.

TRENDING :  Bupati Pati Ogah Turunkan Type RSUD

“Seperti pembangunan ekonomi, nantinya akan mampu mensejahterakan masyarakat setempat. begitu juga degan pengembangan SDM, masyarakat akan semakin cerdas dan mampu bergerak secara dinamis,” tandasnya.

sementara itu, Kepala Bidang Pengembangan dan Kerjasama Desa Pada Dispermadesdukcapil Provinsi Jawa tengah Didik Haryadi mengatakan, sejak adanya UU Desa, desa mempunyai kewenangan untuk mengatur dan mengurus masyarakat. hal itu guna untuk mengembangkan kesejahteraan masarakat desa.

TRENDING :  Baleho di Jalan Kolonel Sunandar bahayakan Pengguna Jalan

“Sehingga, inovasi desa sangat penting untuk menunjang kreatifitas dan pertumbuhan ekonomi masyarakat. Apalagi, persaingan desa saat ini terbilang ketat. apabila desa tidak berinovasi, tentunya akan ketinggalan dengan yang lainnya,” ungkap Didik dalam acara Bursa Inovasi Desa di Pendopo Kabupaten Pati, Selasa (30/10/2018). (WR/YM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :