Butuh Ormas Dan LSM, Pemkab Tak Dapat Bekerja Sendiri Susun Road Map Penanggulangan TB-HIV

by

Kudus, isknews.com – Tingginya angka pengidap penyakit menular perlu adanya dukungan bersama dari stakeholder yang nantinya akan mengayomi dan mendukung program ini utamanya kepada masyarakat pemerhati kesehatan termasuk juga Ormas dan LSM yang berkonsentrasi pada aspek kesehatan dan kemanusiaan.

Pelibatan masyarakat adalah karena untuk menanggulangi permasalahan TB HIV tidak hanya bisa dilakukan oleh pemerintah saja, hal ini dalam rangka pencapaian kemandirian kesehatan, pemberdayaan masayrakat merupakan unsur penting yang tidak bisa diabaikan.

TRENDING :  PDM Gelar Rakor Akhir Tahun, Evaluasi Program Kerja

Pemberdayaan kesehatan di bidang kesehatan merupakan sasaran utama dari promosi kesehatan. Masyarakat merupakan salah satu dari strategi global promosi kesehatan pemberdayaan (empowerment) sehingga pemberdayaan masyarakat sangat penting untuk dilakukan agar masyarakat sebagai primary target memiliki kemauan dan kemampuan untuk memelihara dan meningkatkan kesehatan.

TRENDING :  Punya Riwayat Penyakit Jangan Tunda Periksa Dokter

Hal tersebut disampaikan oleh Kabid Pemberantasan Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Kabupaten Kudus Hikari Widodo, saat ditanyakan mengenai pelibatan Ormas dan LSM pada Penyusunan Road Map penyakit menular di Kudus usai menjadi pembicara pada acara penyusunan Road Map Daerah Program Penanggulangan TB-HIV Developed Road Map (Goals & Strategies) di Hotel @Hom yang diselenggarakan oleh Komunitas TB-HIV Care Rumah Sakit Aisyiyah Kudus, Senin (30/10/17).

KOMENTAR SEDULUR ISK :