Cah Juwana Pluralitas Gelar Lomba Membuat Wayang Anak-anak

oleh
ISKNEWS.COM

Pati, isknews.com (Lintas Pati) – Cah Juwana Pluralitas kembali membuat gebrakan, kali ini komunitas pegiat kesenian daerah dari Kecamatan Juwana, Pati itu menggandeng anak-anak usia sekolah dasar, untuk turut mengikuti lomba membuat wayang dari kertas di Kantor Kecamatan Juwana, Sabtu (08/10/2017) kemarin.

“Kegiatan ini untuk memperkenalkan kesenian wayang kulit kepada generasi muda. Hanya saja, untuk medianya kami menggunakan kertas agar lebih mudah bagi anak-anak di usianya,” ungkap Panitia Lapak Seni, Sunarto.

Lanjut pria yang karib dipanggil Cak Su itu, dengan lomba ini diharapkan mampu membawa generasi muda di Bumi Mina Tani lebih mengenal kesenian nenek moyangnya. Dan nantinya, bisa turut melestarikan kearifan lokal tersebut.

TRENDING :  Apakah progam bantuan BSM(bantuan siswa miskin) itu harus dipangkas pihak sekolah ???
ISKNEWS.COM
Foto: Peserta lomba membuat wayang kulit dari bahan baku kertas di Kantor Kecamatan Juwana, belum lama ini. (Dok. Isknews.com)

“Kami memang sengaja memanfaatkan momentum Lapak Seni yang di gelar setiap Bulan Suronan, dengan lomba ini. Sebagai bentuk pengamalan pengetahuan kepada generasi muda,” terang pria yang juga aktif di Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Pati itu.

TRENDING :  Kordinasi Tim Terpadu Penanganan Konflik Sosial Tingkat Kecamatan Mejobo

Cak Su tak menduga, jika animo anak-anak dalam mengikuti lomba pelestarian budaya itu sangat tinggi. Terbukti, sebanyak 50-an orang anak turut menyemarakkan kegiatan positif tersebut.

TRENDING :  Masjid Kauman Prawoto Diakui Lebih Tua Dibanding Kerajaan Demak

“Dalam lomba ini, kami tidak membatasi kreatifitas dan mengganggu psikologis peserta lomba dengan peraturan yang neko-neko. Jadi, dari segi bentuk maupun ukuran biar mereka yang mengkreasikannya,” bebernya.

Hasilnya, tandas dia, ada peserta yang benar-benar membuat tokoh pewayangan, adapula peserta yang berkreasi dengan membuat karakter binatang, tokoh kartun yang familiar dengan anak-anak, bahkan alat transportasi. (Wr)

KOMENTAR SEDULUR ISK :