Calon Siswa SMA dan SMK di Kudus Padati PPDB

oleh
Calon Siswa SMA dan SMK di Kudus Padati PPDB ISKNEWS.COM
Foto: Nampak pelajar berpakaian putih biru, sebelum jam pendaftaran dibuka (08.00 WIB) telah memadati area sebelum pintu masuk ruangan PPDB, Kebanyakan mereka diantar oleh orang tua atau wali nya. (Aris Sofiyanto/ISKNEWS.COM)

Kudus, ISKNEWS.COM — Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB) tingkat SMA/SMK masih dipenuhi calon siswa yang ingin masuk disekolah yang mereka inginkan.

Seperti pantauan isknews.com di SMAN 1 Kudus, pada Senin (2/7/2018), Pelajar berpakaian putih biru itu sebelum jam pendaftaran dibuka (08.00 WIB), telah memadati area sebelum pintu masuk ruangan PPDB, Kebanyakan mereka diantar oleh orang tua atau wali nya.

Plt Kepala SMAN 1 Kudus Sri Haryono mengatakan, Meski panitia PPDB kami telah menyediakan 10 operator untuk melayani pendaftar, nampaknya masih antusias pendaftar sangat tinggi.

Diketahui, di SMA 1 Kudus terdapat 11 kelas dan tiap rombel diisi 36 siswa. Dibagi dua jurusan, untuk kelas IPA terdapat 9 kelas dan IPS 2 kelas.

TRENDING :  Tim Gabungan Sita Ratusan Rokok Ilegal

Dikatakannya, Pada 1 Juli 2018 lalu merupakan hari pertama pendaftaran, dan siswa bisa melakukannya dimanapun melalui jaringan internet. Sedangkan mulai tanggal 2 hingga 6 Juli mendatang, pendaftar bisa langsung datang ke sekolah yang dituju.

“Sekolah hanya memfasilitasi sedangkan pihak provinsi yang melakukan perekapan sesuai urutan nilai,” ujar ketua Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS).

Pada hari pertama pendaftaran disekolah, hingga saat ini belum ada kendala apapun terkait pendaftaran PPDB online.

TRENDING :  MI Qudsiyyah Peringati HSN Dengan Kirab Kebangsaan dan Bakti Sosial

Dijelaskannya, SMA 1 Kudus masuk wilayah zonasi dari Kecamatan Kota, Mejobo dan Jati. SMA 2 Kudus zonasi kecamatan Jati, Kaliwungu, Kota. Lalu SMA 1 Bae masuk wilayah zonasi Kecamatan Bae, Jekulo dan Undaan. Kemudian SMA 2 Bae masuk wilayah zonasi Kecamatan Bae, Dawe dan Gebog.

Lalu SMA 1 Gebog, masuk wilayah zonasi Dawe, Gebog, Kaliwungu. Kemudian SMA 1 Mejobo masuk wilayah zonasi kecamatan Mejobo, Jekulo dan Undaan. Dan SMA 1 Jekulo masuk wilayah zonasi Kecamatan Jekulo, Dawe dan Bae.

Sementara itu, ketua Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMK, Saiful Hadi mengatakan, Ada perbedaan PPDB SMK dari tahun lalu. Calon pendaftar boleh memilih dua jurusan namun dalam satu bidang.

TRENDING :  Pelajar di Kudus Diberi Penguatan Wawasan Islam Rahmatan Lil Alamin

Diterangkannya, Misalkan jurusanTeknik Komputer Jaringan (TKJ) menjadi pilihan pertamanya, lalu pilihan kedua jurusan Multimedia. Kalau pilihan kedua Otomotif, itu tidak bisa. “Aturan ini berlaku tidak hanya SMK negeri tapi juga swasta,” tegas Saiful Hadi yang juga Kepsek SMKN 3 Kudus itu.

Untuk SMKN 3 Kudus, lanjutnya, ada empat jurusan yang disediakan, yakni Teknik Komputer Jaringan (TKJ), Teknik Kendaraan Ringan Otomotif (TKRO), Agri Bisnis Pengelohan Hasil Pertanian (ABPHP) dan terakhir Tata Busana. (AJ/WH)

KOMENTAR SEDULUR ISK :