Capai 1094 Labu, Stok Darah PMI Kudus Melebihi Persediaan

Capai 1094 Labu, Stok Darah PMI Kudus Melebihi Persediaan

Kudus, isknews.com – Stok darah di Unit Transfusi Darah (UTD) Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Kudus pada bulan ini tergolong aman bahkan bisa dikatakan over load. Hingga hari ini, Selasa, 17 Oktober 2017, tercatat total ada 1094 labu atau kantong darah dari keseluruhan golongan darah.

Humas UTD PMI Kabupaten Kudus Praptiningsih mengatakan, jumlah 1094 kantong darah tersebut masing-masing diantaranya, golongan darah A stok darah berjumlah 254 kantong darah. Golongan darah B masih cukup banyak, yakni 421 kantong darah. Golongan darah AB sebanyak 64 kantong darah, dan golongan darah O sejumlah 355 kantong darah “Sementara ini stok kantong darah bisa dibilang aman, bahkan lebih dari aman, karena bisa dikatakan melebihi persediaan jika lebih dari 1.000 kantong, sedangkan dikatakan aman ketika labu darah di atas 400 kantong.” jelasnya.

Bulan September dan Oktober, lanjut prapti, warga yang mendonorkan darahnya begitu banyak, dan tidak seperti bulan-bulan sebelumnya. Kami telah melaksanakan dibeberapa tempat, baik yang sudah kerjasama seperti perusahaan, instansi pemerintah maupun swasta, atau di saat diadakan event-event sosial dari organisasi dan komunitas.

TRENDING :  PMI Kudus Gelar Uji Kecakapan PMR Tingkat Mula, Madya dan Wira

Selama bulan September lalu sampai 25 Oktober banyak kegiatan sosial donor darah yang dilakukan instansi maupun swasta, sampai-sampai ada yang kita alihkan ke bulan depan karena persediaan banyak (overload), prapti mengatakan, “Kondisi ini juga sama di beberapa PMI yang ada di Jawa tengah. Padahal saat ini permintaan tidak begitu banyak,” katanya.

TRENDING :  Warga Panjang Antusias Ikuti Penyuluhan Bahaya HIV/AIDS

“Permintaan saat ini masih terbilang normal, perhari tidak lebih dari 30 darah,” imbuh Prapti. Dikatakannya, saat ini ada 7 lemari penyimpan darah atau biasa disebut blood bank dan semuanya terisi. “Sedangkan masa kadaluwarsa darah hanya 35 hari, jika lebih kami segera membuat berita acara terkait pembakaran kantong darah,” pungkasnya (AJ)

TRENDING :  Stok Darah di PMI Jepara Minim
KOMENTAR SEDULUR ISK :

Share This Post