Berikut Cara Mengurus Transmigrasi

oleh
Cara Mengurus Transmgrasi
Cara Mengurus Transmgrasi

Kudus, ISKNEWS.COM – Transmigrasi adalah perpindahan penduduk dari daerah yang padat ke daerah yang kurang padat. Orang yang melakukan transmigrasi disebut transmigran. Transmigrasi adalah bentuk migrasi penduduk yang khas di Indonesia karena tidak dijumpai di daerah lainnya.

Di Indonesia transmigrasi dilakukan oleh pemerintah karena makin besarnya jumlah penduduk di wilayah tertentu, khususnya di Pulau Jawa dan Bali. Sementara itu, penduduk di luar Jawa masih sedikit dan lahannya masih sangat luas sehingga perlu dilakukan transmigrasi dengan tujuan pemerataan.

TRENDING :  Ini Yang Dilakukan PLN di Hari Pelanggan Nasional

Warga Negara Indonesia adalah setiap warga negara yang berdomisili di wilayah Negara Republik Indonesia. Berkeluarga dibuktikan dengan Surat Nikah dan Kartu Keluarga. Memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP) yang masih berlaku. Berusia antara 18 sampai dengan 50 tahun sesuai dengan Kartu Tanda Penduduk (KTP), kecuali diatur lain dalam perjanjian kerjasama antar daerah.

TRENDING :  SPBU Diresmikan, Harga BBM di Karimunjawa Kini Satu Harga

Belum pernah bertransmigrasi yang dibuktikan dengan Surat Keterangan dari Kepala Desa/Lurah dimana pendaftar berdomisili. Berbadan sehat yang dibuktikan dengan Surat Keterangan Dokter. Memiliki keterampilan sesuai kebutuhan untuk mengembangkan potensi sumber daya yang tersedia di lokasi tujuan sebagaimana diatur dalam perjanjian kerjasama antar daerah.

Menandatangani Surat Pernyataan kesanggupan melaksanakan kewajiban sebagai transmigran. Lulus seleksi yang dibuktikan dengan Surat Keterangan Lulus dari Tim yang diberikan wewenang untuk melaksanakan seleksi.

TRENDING :  Pemkab Gelar Rakor Untuk Kemajuan Pariwisata Kudus

Pengecualian Syarat Untuk Menjadi Transmigran :

Pendaftar yang belum berkeluarga sepanjang yang bersangkutan mempunyai kahlian khusus (tenaga ahli, guru, paramedis, rohaniawan).
Janda sepanjang mengikutsertakan anak laki-laki dewasa.
Pendaftar yang pernah menjadi transmigran sepanjang alasan meninggalkan lokasi karena kerusuhan sosial dan bencana alam.

KOMENTAR SEDULUR ISK :